Pengirim Pesan Instan Pertama, BlackBerry OS Resmi Nonaktif

- Jumat, 7 Januari 2022 | 14:13 WIB
ilustrasi
ilustrasi

HALUAN PADANG- Ponsel legendaris dengan platform eksklusif pengirim pesan instan pertama, Blackberry mulai 4 Januari 2022 resmi menonaktifkan fungsinya.

Adapun fungsi yang dinonaktifkan yaitu sistem perangkat lawas OS, Blackberry 10 BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya yang menjalankan perangkat lebih rendah.

Hal itu diumumkan oleh Blackberry melalui situs resminya. Semua fungsi ponsel Blackberry itu diberhentikan, mulai dari panggilan telepon, mengirim pesan, data seluler, dan panggilan darurat.

"Mulai hari ini, perangkat yang menjalankan layanan dan software lawas melalui koneksi operator atau WiFi tidak akan lagi bisa digunakan, termasuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1 (panggilan darurat)," tulis BlackBerry di situs web resminya.

Diketahui, blackberry pernah mendominasi pasar ponsel. Dilansir CNBC Indonesia, pada tahun 2009 dan 2010 menjual lebih dari 50 juta ponsel per tahun dan menguasai hampir 20% pasar smartphone global.


Lalu, Desember 2011 menurut Statista, dikutip dari makeuseof.com di Inggis, blackberry menguasai 33,2 persen pangsa pasar smartphone.

Namun kejayaan Blackberry mulai redup, setelah rival dan kompetitornya iphone dari Apple dan android datang dengan layar sentuh dan kameranya yang unggul.

Ponsel dengan keypad Qwerty itu pernah unggul dengan fitur Blackberry messenger (BBM) yang menghubungkan pengguna dengan PIN, sebelum iphone dan android juga menyediakannya.

Dikutip dari situs MOU, turunnya pamor Blackberry dikarenakan ponsel tersebut gagal beradaptasi dan berinovasi. Blackberry awalnya merasa sudah unggul dengan keyboard fisiknya, namun kemunculan layar sentuh dan desain yang lebih menarik dari iphone membuatnya kalah saing.

Meskipun akhirnya Blackberry merilis BlackBerry Storm yang bernavigasi layar sentuh, namun dinilai gagal dikarenakan kinerja yang lambat dan layar sentuhnya sering hang dan penjualannya tak sesuai ekspektasi.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Cara Gampang Download Reels dari Instagram

Rabu, 18 Mei 2022 | 11:50 WIB
X