10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Ada yang Ditemukan Tidak Sengaja

- Minggu, 2 Januari 2022 | 20:35 WIB

HALUAN PADANG - Segala kemudahan—dan kesulitan—yang kita rasakan hari ini, tidak terlepas dari sejarah panjang penemuan-penemuan umat manusia. Penemuan sebuah roda di masa lalu, telah mengubah cara manusia memindahkan barang dan ujungnya mengubah dunia. 

Sebagian penemuan penting tersebut diperoleh dari kerja serius yang panjang, sebagain lagi ditemukan secara 'tidak sengaja'. 

Berikut adalah 10 penemuan paling penting yang telah mengubah dunia versi livesience.com: 

 Roda

Sebelum penemuan roda pada 3500 SM, manusia sangat terbatas dalam soal jumlah barang yang dapat diangkut melalui darat, serta seberapa jauh barang itu bisa diangkut. Roda itu sendiri bukanlah bagian tersulit dari "menemukan roda". Yang paling sulit adalah menemukan cara terbaik agar roda bekerja efisien. Dan itu tidak mudah.

Para ‘insinyur’ pertama yang mencari kesimbangan antara poros, besar lubang, serta dimensi lingkaran, memerlukan upaya yang tidak mudah. Apalagi saat mengaplikasikannnya pada gerobak. 

Kerja keras mereka terbayar. Setelah 3500 SM, gerobak beroda memfasilitasi pertanian dan perdagangan dengan memungkinkan pengangkutan barang ke dan dari pasar, serta meringankan beban orang yang melakukan perjalanan jarak jauh. Sekarang, roda sangat penting untuk cara hidup kita, ditemukan dalam segala hal mulai dari jam, kendaraan, hingga turbin.

PAKU 

 Penemuan penting ini berasal lebih dari 2.000 tahun ke periode Romawi Kuno. Paku hanya  mungkin ditemukan setelah manusia mengembangkan kemampuan untuk melemparkan dan membentuk logam.  

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Cara Gampang Download Reels dari Instagram

Rabu, 18 Mei 2022 | 11:50 WIB
X