Hambat Birokrasi, Pemerintah Berencana Ganti ASN Eselon III dan IV dengan Robot

- Minggu, 28 November 2021 | 19:51 WIB
ILUSTRASI teknologi kecerdasan buatan (AI). (/Pixabay)
ILUSTRASI teknologi kecerdasan buatan (AI). (/Pixabay)

 

HALUANPADANG  - Pemerintah dikabarkan akan menerapkan teknologi AI (Kecerdasan Buatan) di sistem administrasi negara untuk menciptakan birokrasi yang efisien. Robot AI tersebut kabarnya akan menggantikan eselon III dan eselon IV yang dinilai menghambat birokrasi.

Presiden Jokowi memang pernah membahas hal tersebut pada pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, pada Desember 2019 lalu. 

Saat itu Jokowi mengatakan pergantian tersebut dapat memudahkan pengambilan keputusan dari tingkat daerah maupun nasional.

"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," tegasnya.

Dengan AI, pengolahan data yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh ASN eselon III dan bisa diformulasikan oleh sistem dengan lebih cepat.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," tambahnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Meski ada pergantian pelaksanaan tugas dan fungsi eselon III dan IV dengan AI namun hal ini tak serta merta membuat penghasilan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di posisi itu akan berkurang.

"Kami tidak ingin potong income, pendapatan dari ASN kita, yang dibutuhkan adalah kecepatan membuat kebijakan, memutuskan di lapangan, karena perubahan yg cepat, pemerintahan yang fleksibel itu dibutuhkan," jelas Jokowi.

Perkembangan zaman yang cepat lah yang membuat pemerintah harus bisa mengikuti, termasuk soal penggunaan teknologi dan digitalisasi di bidang layanan publik, sambung Jokowi.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Gokil! Matahari Buatan China ini Bisa Menyala

Minggu, 2 Januari 2022 | 18:34 WIB

Ilmuwan Teliti Mumi Firaun, Ternyata Ini Isi Dalamnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 23:38 WIB

TikTok Jadi Situs Website Terpopuler, Kalahkan Google

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:57 WIB

Ternyata Dinosaurus Punya Telur Mirip Telur Ayam 

Kamis, 23 Desember 2021 | 18:45 WIB
X