Mengenal Mata Uang Kripto dan 11 Istilah yang Sering Digunakan dalam Berinvestasi

- Kamis, 25 November 2021 | 10:45 WIB
Bitcoin, salah satu jenis mata uang kripto (Pixabay)
Bitcoin, salah satu jenis mata uang kripto (Pixabay)

HALUANPADANG – Dalam satu tahun terakhir ini, mata uang kripto mengalami peningkatan popularitas di Indonesia.

Banyak orang penasaran dengan uang kripto yang dianggap baru ini, sehingga sempat menjadi trending di berbagai media sosial.

Mata uang kripto merupakan mata uang virtual yang digunakan untuk bertransaksi satu orang dengan orang lain secara online. Mata uang ini dijamin oleh cryptography. 

Salah satu cryptocurrency atau mata uang kripto yang paling terkenal adalah bitcoin. Namun sebenarnya selain bitcoin, masih ada ribuan mata uang kripto yang tersedia di antaranya ehtereum, litecoin, ripple, stellar, dogecoin, cardano, tether, monero, tron dan lain-lainya.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi menggunakan cryptocurrency / kripto, ada beberapa istilah penting yang harus dipahami.

  1. Bull market, adalah istilah yang digunakan saat kondisi pasar sedang naik.
  2. Market bear, merupakan kebalikan dari bull market, market bear atau bear market merupakan istilah ketika pasar tengah menurun.
  3. FOMO atau Fear of Missing Out istilah yang digunakan untuk menyebut investor yang umumnya pemula yang masih belajar dan mudah untuk mengikuti orang lain.
  4. Pump and Dump adalah istilah ini digunakan untuk menggambarkan strategi yang sedang dilakukan investor crypto. Pump digunakan ketika harga mata uang tersebut sedang meningkat, sedangkan dump istilah yang digunakan saat harga mata uang sedang turun.
  5. Whale, istilah ini digunakan untuk menyebut mereka yang memiliki uang kripto dalam jumlah besar, minimal 5 persen dari seluruh aset digital yang disimpan di pasar kripto.
  6. FUD atau Fear, Uncertainty, and Doubt merupakan istilah stratgei yang digunakan para investor jika ingin menurunkan harga uang kripto supaya mereka bisa membeli dengan harga murah.
  7. HODL, istilah yang digunakan untuk permainan kata yang diacak atau anagram.
  8. Rekt, istilah yang digunakan untuk menyebut pemain yang kalah. Dalam investasi, istilah ini digunakan untuk mereka yang salah dalam mengambil keputusan misal menjual saat harga murah dan membeli saat harga sedang mahal.
  9. No Cointer, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki aset crypto atau untuk mereka yang menjual seluruh mata uang kripto yang mereka miliki.
  10. To The Moon, istilah untuk menggambarkan uang kripto yang sedang naik bahkan mencapai puncak mulai dari nilai sampai jumlah penjualan.
  11. Cryptoses merupakan istilah yang digunakan untuk rasa antusias atau rasa penasaran yang tinggi terhadap mata uang kripto.

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Gampang! Begini Cara Melacak Nomor Tak Dikenal

Senin, 6 Juni 2022 | 09:24 WIB
X