Google: Indonesia Diurutan Pertama Sebagai Negara yang Paling Banyak Minta Hapus Konten

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:01 WIB
Ilustrasi Google (Pixabay/ 422737)
Ilustrasi Google (Pixabay/ 422737)

 

HALUANPADANG.COM – Google mencatat, Indonesia menjadi negara yang paling banyak dan sering mengajukan permintaan menghapus konten.

Dalam laporan berjudul ‘Content Removal Transparency Report' yang dirilis Google pekan lalu, diungkap daftar negara di dunia yang paling banyak dan sering mengajukan permintaan menghapus konten dari Google selama periode Januari hingga Juni 2021.

Indonesia menempati urutan pertama dari segi item dengan permintaan penghapusan lebih dari 500.000 URL. Google mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 20.000 URL dan sedang meninjau sisanya.

Jenis konten yang diminta Indonesia untuk dihapus oleh Google meliputi konten yang mengandung unsur pelecehan agama, ujaran kebencian dan kekerasan, konten vulgar, blog, Google Docs, situs web, Google Play Apps, hingga kanal YouTube.

Sementara di belakang Indonesia, ada sembilan negara lainnya yaitu Rusia, Kazakhstan, Pakistan, Korea Selatan, India, Vietnam, Amerika Serikat, Turki, dan Brazil dengan item paling banyak diajukan untuk dihapus.

Vice President, Trust & Safety Google, David Graff, menyebut laporan ini merupakan laporan yang menunjukkan persentase paling tinggi, baik itu dari segi volume permintaan hingga jumlah konten yang dihapus.

"Laporan transparansi kali ini selama periode Januari hingga Juni 2021, menunjukkan volume tertinggi yang pernah kami lihat untuk dua kategori penilaian itu hingga saat ini," tutur Graff

Graff menambahkan bahwa pengadilan dan lembaga pemerintah di seluruh dunia secara teratur mengharuskan Google untuk menghapus konten dan informasi dari berbagai layanan miliknya.

"Kami meninjau tuntutan ini dengan cermat untuk menentukan apakah konten yang menjadi subjek permintaan melanggar persyaratan hukum setempat," kata Graff.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Gokil! Matahari Buatan China ini Bisa Menyala

Minggu, 2 Januari 2022 | 18:34 WIB

Ilmuwan Teliti Mumi Firaun, Ternyata Ini Isi Dalamnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 23:38 WIB

TikTok Jadi Situs Website Terpopuler, Kalahkan Google

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:57 WIB

Ternyata Dinosaurus Punya Telur Mirip Telur Ayam 

Kamis, 23 Desember 2021 | 18:45 WIB
X