Bantu Pemerintah, Google Siap Hapus Aplikasi Pinjol

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:24 WIB

 

HALUANPADANG.COM - Meski 151 platform aplikasi Pinjam Online (Pinjol) sudah dihapus oleh Kemenkominfo Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), tetap saja tidak menghilangkan semuanya.

Penghapusan aplikasi atau platform pinjol ini karena mereka tidak terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan(OJK). Padahal itu adalah syarat mutlaknya suatu bisnis yang menawarkan jasa keuangan.

Menindaklanjuti hal ini, Google sebagai penyedia bersedia membantu pemerintah untuk mengapusnya. Namun, memang harus dengan mandat khusus.

“Kami mengandalkan pemerintah untuk memberi tahu kami tentang konten yang mereka yakini ilegal melalui proses resmi, dan akan membatasi sebagaimana mestinya setelah peninjauan menyeluruh,” ujar perwakilan Google.

Sembari menunggu instruksi ini, Google kian memperkuat dan memperketat izin dalam menerima aplikasi pinjaman pribadi di ranahnya.

Hal ini sudah di mulai sejak 28 Juli lalu, Google hanya mengizinkan pinjaman online yang memiliki lisensi dan terdaftar di OJK saja dalam play store miliknya.

“Sesuai dengan kebijakan kami, harus ada nomor yang terdaftar di OJK atau minimal nomor registrasi pendaftaran ke OJK,” ucapnya.

Hingga saat ini, terhitung hanya sebanyak 121 layanan pinjol legal telah terdaftar di OJK.

Pinjol tersebut bisa dicek dengan mengirimkan nama pinjol dan mengirimkannyakan ke nomor WhatsApp 081 157 157 157.*

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Layanan Indosat GIG Tutup Usia, Begini Pengumumannya

Sabtu, 20 November 2021 | 20:45 WIB

Resmi Masuk Indonesia, Segini Harga iPhone 13

Jumat, 5 November 2021 | 11:21 WIB

Awas Scam di WhatsApp! Ini 5 Cara Mengatasinya

Jumat, 5 November 2021 | 10:56 WIB

Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:09 WIB
X