Kabar Gembira! Pemerintah Kembali Salurkan Bantuan Kuota Belajar Periode Oktober

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:48 WIB
Ilustrasi (pixabay.com/Firmbee )
Ilustrasi (pixabay.com/Firmbee )

HALUAN PADANG - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyalurkan bantuan kuota internet kepada 26,6 juta pendidik dan peserta didik periode Oktober 2021.

Bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring, Selasa (12/10/2021).

Dikutip dari infopublik.id, bantuan kuota data internet disalurkan ke 24,9 juta peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi serta 1,73 juta pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

"Kuota internet disalurkan kepada nomor-nomor ponsel yang telah berhasil diverifikasi dan divalidasi," jelas Nadiem.

Pada Oktober ini terjadi penambahan kuota sebanyak 2,2 juta penerima dibanding September lalu yang hanya 24,4 juta penerima.

"Hal ini karena ada pemuktahiran nomor ponsel yang telah diverifikasi dan divalidasi," tambah Nadiem.

Tambahnya, keseluruhan bantuan kuota data internet di 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek.

Sedangkan, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) M. Chabibie mengingatkan agar kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi dapat memutakhirkan data nomor ponsel peserta didik dan pendidik pada sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti) serta tidak lupa mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada portal https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah, dan https://kuotadikti.kemdikbud.go.id/ untuk jenjang pendidikan tinggi.

"Diharapkan kepada kepala sekolah dan pimpinan pendidikan tinggi untuk dapat memutakhirkan data nomor ponsel pada Dapodik dan PDDikti supaya semua warga pada satuan pendidikan dapat menerima bantuan ini," sampai M. Chabibie.

[Nuraini]

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Layanan Indosat GIG Tutup Usia, Begini Pengumumannya

Sabtu, 20 November 2021 | 20:45 WIB

Resmi Masuk Indonesia, Segini Harga iPhone 13

Jumat, 5 November 2021 | 11:21 WIB

Awas Scam di WhatsApp! Ini 5 Cara Mengatasinya

Jumat, 5 November 2021 | 10:56 WIB

Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:09 WIB
X