Telegram Raih 70 Juta Pengguna Baru Saat Instagram, Whatsapp dan Facebook Alami Gangguan

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:03 WIB
Efek Facebook down Telegam Raup Keuntungan dengan masuknya puluhan juta pengguna baru yang mendaftar di Telegram. (Foto: Dok Net/ Istimewa).
Efek Facebook down Telegam Raup Keuntungan dengan masuknya puluhan juta pengguna baru yang mendaftar di Telegram. (Foto: Dok Net/ Istimewa).

HALUANPADANG.COM – Layanan Facebook, Instagram, dan Whatsapp sempat alami gangguan sebelum kembali bisa diakses, Senin (04/10). Setidaknya ketiga layanan social media milik Mark Zuckerberg tersebut tumbang selama 6 jam.

Peristiwa yang dialami facebook menjadi berkah tersendiri bagi aplikasi pesan instan Telegram. Dilaporkan Telegram berhasil meraup lebih dari 70 juta pengguna baru ketika layanan Facebook seperti Whatsapp dan Instgram mengalami gangguan.

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengimriman pesan instan multiplatform yang tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, IOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan system perangkat komputer (Windows, OS X, Linux).

“Gangguan yang dialami Facebook merupakan dampak dari tindakan yang hanya mengandalkan beberapa perusahaan besar,” ucap Kepala antimonopoly Uni Eropa Margrethe Vestager.

Facebook sendiri sudah mengeluarkan pernyataan mengenai penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram yang berdampak pada seluruh pengguna di dunia, yaitu disebabkan perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu lintas di pusat data.

“Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bias terus memperkuatiinsfratruktur kami,” ujar Facebook melalui halaman resmi mereka.(*)

[Akbar Tul Iqbal]

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Layanan Indosat GIG Tutup Usia, Begini Pengumumannya

Sabtu, 20 November 2021 | 20:45 WIB

Resmi Masuk Indonesia, Segini Harga iPhone 13

Jumat, 5 November 2021 | 11:21 WIB

Awas Scam di WhatsApp! Ini 5 Cara Mengatasinya

Jumat, 5 November 2021 | 10:56 WIB

Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:09 WIB
X