Seminar Daring oleh HIPMI Sumbar Ungkap UMKM Bisa Dapatkan Modal dari Fintech

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 17:05 WIB

HALUANPADANG.COM - Himpunan Pengusana Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat (Sumbar) dan Teknologi.id mengadakan Seminar Daring dengan tema “Manfaat Fintech di Era Zaman Now" selama dua hari pada 2-3 Oktober 2021.

Di hari pertama (2/10) seminar daring diisi oleh Andi Utomo yang merupakan CEO dari Santara yang merupakan sebuah platform yang mempertemukan antara Investor dan UMKM.

Andi Utomo mengawali seminar daring tersebut dengan pemaparan sejumlah data mengenai kondisi UMKM terkini di Indonesia. Menurut Andi saat ini UMKM berkontribusi terhadap 61 persen pendapatan Nasional.

Namun, sayangnya banyak UMKM yang mengalami stagnasi karena keterbatasan terhadap akses permodalan, sehingga bisnis mereka tidak tumbuh.

"Sayangnya, 99% usaha tersebut hanya stagnan di level UMKM. Bertahun-tahun mereka gagal naik kelas," ujar Andi Utomo.

"Ada kekurangan pendanaan bagi UMKM sekitar Rp. 1.000 triliun di Indonesia setiap tahun," lanjut Andi Utomo.

Salah satu solusi menurut Andi Utomo bagi UMKM untuk mendapatkan akses permodalan dengan layanan Equity Crowdfunding seperti Santara yang merupakan Equity Crowdfunding pertama di Indonesia yang mendapatkan izin dari OJK.

Menurut Andi Equity Crowdfunding sederhananya sama dengan bursa saham namun karena menggunakan teknologi maka dikategorikan sebagai Fintech.

Dalam penjelasannya Andi menjelaskan melalui Santara UMKM bisa mendapat solusi permodalan karena terhubung dengan 300.000 lebih investor. Sementara dari sisi investor, mereka bisa ikut membesarkan bisnis UMKM yang sudah profitable.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Layanan Indosat GIG Tutup Usia, Begini Pengumumannya

Sabtu, 20 November 2021 | 20:45 WIB

Resmi Masuk Indonesia, Segini Harga iPhone 13

Jumat, 5 November 2021 | 11:21 WIB

Awas Scam di WhatsApp! Ini 5 Cara Mengatasinya

Jumat, 5 November 2021 | 10:56 WIB

Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:09 WIB
X