1,3 Juta Data Pengguna Aplikasi eHAC Milik Kemenkes Bocor, Berikut Penjelasan Kemenkes

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:50 WIB

HALUAN - Kasus kebocoran data pengguna dari sebuah aplikasi kembali terjadi di Indonesia. Kali ini kebocoran data pengguna dari aplikasi eHAC milik Kementerian Kesehatan.

Bocornya data pengguna di aplikasi eHAC pertama kali dilaporkan perusahaan peneliti di VPN Mentor. Selain data pengguna VPN Mentor menyebut juga ada data Rumah Sakit di Indonesia yang terekspos di aplikasi eHAC.

Melalui postingan blognya, VPN Mentor menjelaskan mereka pertama kali mengetaui data pengguna aplikasi eHAC yang berada di database terekspos dan bisa diakses pada tanggal 15 Juli 2021.

Mengetahui sejumlah data pengguna dengan mudah diakses, VPN Mentor melaporkan hal ini kepada Kemenkes, namun baru direspon tanggal 22 Agustus 2021 oleh BSSN.

Kementerian Kesehatan sudah menjelaskan kejadian ini melalui Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes, dr. Anas Maruf. Dijelaskan oleh dr. Anas Maruf bahwa data yang terekspos tersebut berada dalam server aplikasi eHAC yang lama.

Menurutnya sejak tanggal 2 Juli 2021 Kemenkes tidak memakai lagi aplikasi eHAC karena data eHAC tersebut sudah dipindahkan ke dalam aplikasi Peduli Lindungi.

Diduga data yang berada diaplikasi yang lama inilah yang terekspos. Namun, saat ini Kemenkes bersama Kominfo dan pihak berwajib sudah melakukan tindakan dengan mematikan server yang menyimpan data tersebut.

"Sejak tanggal 2 Juli 2021, kami sudah mulai aplikasi PeduliLindungi, di mana eHAC sudah terintegrasi dan berada di dalam aplikasi PeduliLindungi. Sekali lagi saya tegaskan, sistem yang ada di eHAC yang lama itu berbeda dengan sistem eHAC yang tergabung di dalam PeduliLindungi. Infrastrukturnya berbeda di tempat yang lain," jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (31/8).

Kebocoran data ini memang cukup menyita perhatian publik, pasalnya data pribadi pengguna aplikasi eHAC yang berada di database tidak terlindungi sehingga gampang diakses oleh siapapun.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Gampang! Begini Cara Melacak Nomor Tak Dikenal

Senin, 6 Juni 2022 | 09:24 WIB
X