5 Fakta Masjid Raya Ganting, Masjid Tertua di Kota Padang

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 13:49 WIB

HALUANPADANG.COM - Salah satu masjid tertua dan masih berdiri di Kota Padang saat ini adalah Masjid Raya Ganting. Mesjid yang mampu menampung hingga 2.000 jamaah tersebut mempunyai sejarah panjang.

Berikut ini merupakan 5 faktar menarik tentang Masjid Raya ganting

  1. Masjid Tertua di Kota Padang

Masjid Raya Ganting berada di Jalan Raya Ganting No. 10, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Masjid ini diperkirakan telah berusia 215 tahun.

Cikal bakal Masjid Raya Ganting berawal dari sebuah surau yang dibangun tahun 1700 Masehi di kaki Gunung Padang.

  1. Tiga Kali Pindah Lokasi

Lokasi berdiri masjid Raya Ganting sekarang merupakan lokasi ketiga. Sebelumnya berbentuk surau yang berlokasi di kaki Gunung Padang. Lokasinya kemudian digeser ke daerah tepi Sungai Batang Arau.

Setelah beberapa tahun lokasi Masjid kemudian dipindahkan ke tempat berdiri sekarang. Dan tetap berdiri kokoh setelah beberapa abad.

  1. Pernah Disinggahi Bung Karno dan Bung Hatta

Dalam beberapa literatur beberapa tokoh yang tercatat sebagai inisiator pembangunan Masjid antara lain Tokoh-tokoh yang menyertai pembangunan ini di antaranya Angku Gapuk (saudagar Pasar Gadang Padang), Angku Syekh Haji Umar (Kepala Kampung Ginting), dan Angku Syekh Kepala Koto (Ulama).

Bung Karno dan Bung Hatta juga pernah singgah di Masjid Raya Ganting pada tahun 1942 ketika masa penjajagan Jepang. Kedua founding fathers tersebut singgah setelah kembali dari pengasingan di Bengkulu.

  1. Markas Gyugun-Heiho

Gyugun-Heiho merupakan perwira Militer dari kalangan ulama dan tentara yang terdiri dari kalangan santri. Pada masa pendudukan Jepang Masjid Raya Sumbar pernah menjadi markasnya.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Terkini

Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

Sah! Super Weekend II PMPL PUBG Milik Bonafide

Minggu, 5 September 2021 | 22:26 WIB

Wuih! Player Esport Digaji Pakai Kripto

Jumat, 3 September 2021 | 16:21 WIB
X