Fakta Baru: Wakil Bupati Muda di Sumbar Ternyata Sudah Nikah Duluan Sebelum Ajukan Permohonan Ijin Poligami

- Selasa, 28 September 2021 | 09:10 WIB
Ilustrasi Poligami
Ilustrasi Poligami

HALUANPADANG.COM – Beberapa fakta terkait pengajuan ijin poligami oleh seorang wakil bupati muda di Sumatera Barat (Sumbar) terungkap di dokumen putusan yang dikeluarkan Pengadilan Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota. Nyatanya, jauh sebelum mengajukan ijin poligami, sang wakil bupati ternyata sudah lebih dulu menikah. Ijinnya diurus belakangan.

Fakta bahwa wakil bupati yang identitasnya tidak disebut secara jelas di putusan tersebut sudah menikah tertulis dalam poin ketiga duduk perkara dalam putusan bernomor 543/Pdt.G/2021/PA.LK.

“Pemohon memutuskan untuk  menikah lagi pada 5 April 2018,” begitu tertulis dalam putusan.

Padahal, pengajuan ijin poligami ke Pengadilan Negeri Tanjung Pati baru terdaftar pada tanggal 3 September 2021. Ada jeda tiga tahun dari pernikahan kedua wakil bupati dengan permohonan ijin poigami ke pengadilan.

Wanita yang dinikahi disebut dengan inisial AS di putusan. Dia berusia 28 tahun dan tempat kediamannya di Nagari Gurun, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Baca Juga: Eks Ketua MUI: Ajukan Permohonan Ijin Poligami, Wakil Bupati Muda di Sumbar Patut Diteladani

Alasannya, karena merasakan bahwa menikah dengan dua istri adalah kebutuhan. Wakil bupati sebagai pemohon selalu bekerja keluar daerah dengan intensitas tinggi. Apabila pemohon tidak menikah dengan dua istri maka pemohon khawatir untuk terjebak dalam perbuataan yang dilarang agama (zina).

Dia diketahui mulai berbisnis sejak tahun 2007. Bisnis tersebut bertumbuh. Seiring dengan itu, untuk urusan mengurus bisnis tersebut, pemohon sering berkunjung ke berbagai daerah. Pada sisi lain, termohon atau istri pertama, karena sudah memiliki tiga anak tidak bisa mendampingi pemohon dalam setiap urusan pekerjaan pemohon.

Menikah untuk yang kedua kalinya, dengan alasan menjaga diri dari perbuatan zina, dan untuk membangun rumah tangga yang samara. Kini, sang wakil bupati yang dalam putusan disebut masih berusia 34 tahun memiliki empat anak dengan istri pertama, dan satu anak dengan istri kedua.

Dia mengaku sanggup berlaku adil dan mampu memenuhi kebutuhan hidup isteri-isteri beserta anak-anak.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

Sah! Super Weekend II PMPL PUBG Milik Bonafide

Minggu, 5 September 2021 | 22:26 WIB

Wuih! Player Esport Digaji Pakai Kripto

Jumat, 3 September 2021 | 16:21 WIB
X