Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

- Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

HALUANPADANG.COM – Allah SWT menyampaikan ancaman keras bagi orang-orang yang tidak menunaikan kewajiban berzakat. Ancaman ini tercantum dalam Surah At-Taubah ayat 34.

Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman. Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih." (QS At-Taubah ayat 34)

Baca Juga: DMI: Hanya 60 Persen Muslim di Sumbar yang Beribadah ke Masjid

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya, Ihya Ulumiddin, menjelaskan, maksud dari 'menginfakkannya' dalam ayat tersebut ialah mengeluarkan kewajiban zakat. Salah satu dari generasi salaf, yang juga pemimpin Bani Tamim, Ahnaf bin Qais pernah berkata:

"Ketika kami berkumpul dengan orang-orang Quraisy, tiba-tiba berlalu Abu Dzar Al-Ghifari sambil berkata kepadaku, 'Kabarkanlah kepada mereka, bahwa mereka akan dipanggang dengan besi panas yang ditusukkan dari punggung sampai menembus keluar dari lambung, dan ditusukkan pada tengkuk hingga menembus dahi, bila mereka banyak memiliki harta kekayaan namun tidak mau mengeluarkan zakatnya'."

Keadaan tersebut, dalam hal ini orang-orang yang menerima balasan karena tidak berzakat, juga telah dipaparkan dengan gamblang dalam dua kitab hadits terpopuler, yakni Shahih Bukhari dan Shahih Muslim.

Baca Juga: Tahun Depan, Sumbar Menjadi Provinsi Percontohan Toleransi Umat Beragama

Allah SWT telah menjadikan zakat sebagai salah satu dari lima rukun dalam Islam. Karena sangat pentingnya zakat, hampir di setiap ayat Alquran yang menyebutkan kewajiban mendirikan shalat, itu selalu disertai dengan kewajiban membayar zakat.

Allah SWT berfirman, "Dirikan shalat dan tunaikanlah zakat." (QS Al-Baqarah ayat 43) Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda bahwa Islam ditegakkan di atas lima rukun. (*)

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

Sah! Super Weekend II PMPL PUBG Milik Bonafide

Minggu, 5 September 2021 | 22:26 WIB

Wuih! Player Esport Digaji Pakai Kripto

Jumat, 3 September 2021 | 16:21 WIB
X