Tahun Depan, Sumbar Menjadi Provinsi Percontohan Toleransi Umat Beragama

- Sabtu, 18 September 2021 | 08:18 WIB
Ketua Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI, Nifasri.
Ketua Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI, Nifasri.

HALUANPADANG.COM – Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Sumbar berencana menetapkan Sumatera Barat (Sumbar) menjadi provinsi percontohan toleransi kerukunan umat beragama. Secara umum, di Indonesia, ada delapan provinsi yang jadi daerah percontohan.

Selain Sumbar, tujuh daerah lainnya adalah Jawa Barat, Banten, Jakarta, Sulawesi Tengah, Riau, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

Dijadikannya Sumbar sebagai provinsi percontohan terungkap dalam kegiatan peningkatan peran jurnalis dalam publikasi kerukunan umat beragama Pascapandemi Covid-19 di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Jumat (17/9).

Selain menetapkn provinsi percontohan, PKUB juga menetapkan 16 September sebagai Hari Toleransi Nasional. Penetapan tanggal ini berbeda dengan peringatan secara global, dimana hari toleransi diperingati setiap 16 November.

“Tahun depan sudah diperingati secara berkelanjutan,” terang Kepala Pusat KUB, Nifasri.

Hari Toleransi Nasional nantinya menjadi momentum Indonesia untuk semakin memperkuat kesatuan bangsa, sehingga kasus-kasus intolerasi bisa diredam.

Baca Juga: DMI: Hanya 60 Persen Muslim di Sumbar yang Beribadah ke Masjid

“Dengan adanya momentum peringatan, setiap warga Indonesia bisa kembali ke fitrahnya sebagai warga yang majemuk, yang bisa menghargai perbedaan dengan lapang,” harapnya.

Dilanjutkan Nifasri, untuk menjaga toleransi, setiap orang harus menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama, dan mau bekerja sama antarumat beragama.

“Jika ada masalah, jalannya dialog. Masyarakat harus bisa duduk bersama mencari solusi penyelesaian. Janga main hakim sendiri, yang bisa memperkeruh suasana,” paparnya.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

Sah! Super Weekend II PMPL PUBG Milik Bonafide

Minggu, 5 September 2021 | 22:26 WIB

Wuih! Player Esport Digaji Pakai Kripto

Jumat, 3 September 2021 | 16:21 WIB
X