DMI: Hanya 60 Persen Muslim di Sumbar yang Beribadah ke Masjid

- Sabtu, 18 September 2021 | 07:16 WIB
Ketua DMI Sumbar, Duski Samad
Ketua DMI Sumbar, Duski Samad

HALUANPADANG.COM – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat mencatat, dari 97,48 persen penduduk muslim di Sumbar, tercatat hanya 60 persen yang mengaku selalu beribadah ke masjid.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumbar, Prof Duski Samad menyebutkan, angka itu sebenarnya tidak terlalu buruk.  “Masjid-masjid di Sumbar dimakmurkan. Setidaknya, ada 60 persen muslim yang rutin beribadah ke masjid setiap harinya,” terang Duski Samad saat jadi narasumber kegiatan peningkatan peran jurnalis dalam publikasi kerukunan umat beragama pascapandemi Covid-19 di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Jumat (17/9).

Meski memperkirakan ada 60 persen muslim di Sumbar yang memakmurkan masjid, Duski tidak menyinggung persentase berdasarkan umur.

Termasuk persentase pemuda muslim yang rutin ke masjid. Di Indonesia, data terakhir menyebutkan ada 33,6 persen yang selalu datang beribadah di masjid setiap hari.

Baca Juga: Video Permintaan Maaf Gadis Yang Joget Tiktok di Taman Masjid Raya Sumbar

Data tersebut merupakan survei Departemen Kaderisasi Pemuda PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Merial Institute. Survei tersebut dilakukan terhadap generasi muda Muslim. Survei berlangsung pada 17-21 Juli 2018.

Sebanyak 96 persen responden muda menganggap perlu kegiatan pengajian, zikir, tabligh akbar di masjid. Sedangkan 95 persen responden menganggap perlu kegiatan pendidikan seperti kursus dakwah, pelatihan imam, dan pesantren kilat di masjid.

Sementara itu, sebanyak 73,9 persen responden membutuhkan kegiatan usaha di masjid baik dalam bentuk koperasi, minimarket ataupun warung. Sedangkan 67,3 persen responden merasa perlu diadakan kegiatan olahraga dan kebugaran di masjid.

Dalam survei itu dijelaskan, kekhawatiran masjid digunakan untuk tujuan politik praktis juga masih ada, namun tidak terlalu signifikan. Hanya 15,65 persen responden pernah menemukan materi ceramah yang berisi ajakan politik praktis di masjid. Dan hanya 15,54 persen yang setuju dengan materi tersebut.

Baca Juga: Setelah Viral, Wanita Yang Joget di Taman Masjid Raya Sumbar Berikan Permintaan Maaf

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Enggan Bayarkan Zakat? Siap-siap Kena Azab Pedih!

Rabu, 22 September 2021 | 11:05 WIB

Sah! Super Weekend II PMPL PUBG Milik Bonafide

Minggu, 5 September 2021 | 22:26 WIB

Wuih! Player Esport Digaji Pakai Kripto

Jumat, 3 September 2021 | 16:21 WIB
X