Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Pariwisata dan Industri Kreatif

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:16 WIB
ilustrasi/foto: detik.com
ilustrasi/foto: detik.com

HALUAN PADANG- Pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui sector pariwisata dan industry kreatif. Pandemi Covid Sembilan belas memberikan dampak bagi seluruh masyarakat dunia dalam semua bidang.

Covid 19 juga berdampak pada berbagai jenis pekerjaan dimana banyak perusahaan besar menetapkan para pekerja mulai bekerja dari rumah atau biasa disingkat WFH (work from home) untuk mengurangi kerumunan akibat adanya pandemic.

Sektor pariwisata dan industri kreatif seperti yang kita ketahui tidak luput dari kerumunan dan keramaian, hal ini sangat berpengaruh sehingga sumber pendapatan sector pariwisata dan industry kreatif terhenti.

Baca Juga: Bahasa Daerah yang Mulai Ditinggalkan

Sector pariwisata dan industy yang sangat terdampak Covid Sembilan belas mulai dari penginapan berupa hotel, hostel, cottage, villa, dan bentuk jenis penginapan lainnya yang tidak beroperasi banyak diantaranya harus gulung tikar selama kurang lebih dua tahun akibat kurangnya wisatawan yang datang serta peraturan pemerintah untuk tidak berpergian selama pandemic menjadi factor utama usaha penginapan hampir lumpuh total.

Selain itu Event Organizing atau biasa disingkat EO juga mengalami hal yang sama dimana acara-acara yang menimbulkan keramaian seperti konser, seminar offlline, pesta pernikahan, dan acara-acara penting lainnya terpaksa berhenti akibat dari Covid Sembilan belas ini.

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan penyelenggaran konser music kini diperbolehkan setelah dua tahun dilarang karena Covid Sembilan belas.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa, MER-C Kirim Tim Medis Bedah Tulang ke Afghanistan

“Presiden hadir dan memerintahkan kami dan Polri bahwa event musik dan event ekonomi kreatif lainnya difasilitasi," kata Sandiaga dikutip melalui laman kemenparekraf Senin 13 Juni 2022. Berita ini tentu menjadi angin segar bagi sector pariwisata dan industry kreatif untuk berlayar kembali setelah kurang lebih 2 tahun tidak beroperasi.

Setelah adanya penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Indonesia pemerintah sudah memberikan lampu hujau untuk masyarakat bisa berlibur dengan aman dengan catatan sudah melakukan vaksin. Hal ini membuka peluang baru para pegiat pariwisata dan industry kreatif, dimana sudah banyak wisatawan untuk berlibur menambah pemasukan dari bidang pariwisata dan industry kreatif.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Bahasa Daerah yang Mulai Ditinggalkan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:07 WIB

Ilustrasi Tidak Logis

Minggu, 27 Februari 2022 | 21:38 WIB

Desa Kecil di Kota Kecil

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:04 WIB

Menggugat “Bahasa”

Jumat, 4 Februari 2022 | 14:50 WIB

NAGARI RAMAH HARIMAU

Minggu, 16 Januari 2022 | 04:36 WIB

Speech Delay dan Perkembangan Teknologi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:35 WIB
X