Pengembangan Desa Wisata untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

- Minggu, 5 Juni 2022 | 10:45 WIB
Geowisata Pincuran Puti Spot Foto Menarik Wisata Baru Andalan Kabupaten Solok/foto: piamanexplore.com
Geowisata Pincuran Puti Spot Foto Menarik Wisata Baru Andalan Kabupaten Solok/foto: piamanexplore.com

HALUAN PADANG- Upaya pengendalian ekonomi pasca Covid-19 yang dilakukan pemerintah Indonesia bersama dengan seluruh stakeholders juga masyarakat Indonesia telah berhasil mendongkrak pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 3,69% di 2021.

Hal ini tertulis pada siaran pers yang dilakukan oleh bidang perekonomian. Dengan pencapaian tersebut akan membawa Indonesia masuk kembali dalam klasifikasi negara berpenghasilan menengah ke atas. Posisi ini merupakan posisi yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Baca Juga: Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama ke Makkah, Suwirpen Suib: Laksanakan Ibadah Haji dengan Ikhlas

Pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya melalui pembangunan pariwisata. Sejalan dengan itu pemerintah Indonesia mengembangkan desa wisata yang bertujuan sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, meminimalisir kemiskinan, mengatasi pengangguran, serta memajukan kebudayaan.

Baca Juga: Pendaftaran Marawa Digital Fest Resmi Dibuka

Tujuan pembangunan kepariwisataan merupakan salah satu bentuk pengembangan desa wisata sekaligus percepatan pembangunan desa atau ekonomi desa. Dalam siaran persnya (Kementerian koordinator bidang perekonomian Republik Indonesia) menyampaikan tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi unutk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Menurut informasi diatas, setiap desa harus melihat potensi wisata apa yang bisa dikembangkan di desa sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar serta menumbuhkan ekonomi desa setempat.

Dalam datanya, ada sebanyak 1.831 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi mendaftar dan menjadi peserta di ajang ADWI (Anugrah Desa Wisata Indonesia) pada 2021 lalu. Dari jumlah tersebut, tersaring 50 besar desa wisata terbaik yang mendapatkan pengahargaan dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Ketua DPRD dan Gubernur Sumbar Resmikan Operasional Inovasi Pelayanan Samsat Wisata dan Samsat Terminal

Sektor pariwisata merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan pengaharapan bahwa agar yang dapat menyaksikan dan menikmatinya tidak hanya dari masyarakat Indonesia melainkan mancanegara. Pertumbuhan pariwisata di setiap desa diharapkan mampu merubah tatanan ekonomi masyarakat desa sehingga dapat hidup sejahtera dengan potensi, sumber daya alam yang ada.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Bahasa Daerah yang Mulai Ditinggalkan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:07 WIB

Ilustrasi Tidak Logis

Minggu, 27 Februari 2022 | 21:38 WIB

Desa Kecil di Kota Kecil

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:04 WIB

Menggugat “Bahasa”

Jumat, 4 Februari 2022 | 14:50 WIB

NAGARI RAMAH HARIMAU

Minggu, 16 Januari 2022 | 04:36 WIB

Speech Delay dan Perkembangan Teknologi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:35 WIB
X