Ilustrasi Tidak Logis

- Minggu, 27 Februari 2022 | 21:38 WIB

 

Oleh: Shilva Lioni
Dosen Jurusan Sastra Inggris Universitas Andalas

Haluan Padang – Analogi suara adzan dalam tuturan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu terakhir memunculkan keriuhan di tengah masyarakat. Aturan untuk mengatur skenario pengeras suara di mesjid dan mushalla dengan mencontohkan gonggongan anjing secara bersamaan, memantik sikap pro kontra. Terutama dikalangan umat Islam.

Belajar dari kasus ini, perlu rasanya kita memahami konsep analogi dalam sudut ilmu bahasa. Termasuk syarat yang harus dipenuhi dalam memberikan ilustrasi. Agar jalinan komunikasi yang dimaksud, bisa mencapai tujuan yang ingin disasar. Tanpa memiliki pandangan yang salah dari si penerima bahasa.

Untuk itu, tuturan harus berada dalam satu tema (terkait), dan berisikan komponen atau karakteristik yang sama baik itu dari sisi logika, komponen makna, fungsi, dan konsep.

Sebagaimana pengertian ilustrasi dalam KBBI, diartikan sebagai penjelasan tambahan berupa contoh, bandingan, dan sebagainya untuk lebih memperjelas paparan (tulisan dan sebagainya).

Terkait kasus tuturan yang dituturkan oleh Menag, mengilustrasikan fenomena gonggongan anjing yang bisa menimbulkan kebisingan di tengah masyarakat dengan mengkaitkan suara adzan, dapat dikategorikan analogi yang tidak logis. Sangat tidak tepat jika ditinjau dari sisi logika, komponen makna, fungsi, daya, konsep dan bahkan nilai.

Jika ditelaah lebih mendetil, ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa pemberian ilustrasi tersebut menjadi tidak tepat dan tidak logis dalam konteks tersebut diantaranya yakni:

1. Tak bisa dianalogikan dengan suatu hal yang tak berkaitan.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Terkini

Bahasa Daerah yang Mulai Ditinggalkan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:07 WIB

Ilustrasi Tidak Logis

Minggu, 27 Februari 2022 | 21:38 WIB

Desa Kecil di Kota Kecil

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:04 WIB

Menggugat “Bahasa”

Jumat, 4 Februari 2022 | 14:50 WIB

NAGARI RAMAH HARIMAU

Minggu, 16 Januari 2022 | 04:36 WIB

Speech Delay dan Perkembangan Teknologi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:35 WIB
X