Banyak Sosok yang Viral karena Mirip Artis, Mengapa Warkopi Jadi Polemik?

- Selasa, 28 September 2021 | 13:45 WIB
Warkopi, tiga pemuda yang mirip Warkop DKI (Instagram/warkopifans)
Warkopi, tiga pemuda yang mirip Warkop DKI (Instagram/warkopifans)


HALUANPADANG.COM - Kehadiran Warkopi masih menjadi polemik, bahkan jika Warkopi dipidanakan karena menirukan Warkop DKI, mereka akan dikenakan denda paling banyak Rp2 miliar atau maksimal 4 tahun penjara.

Namun kenapa warkopi jadi polemik? Padahal, sebelum ketiga remaja yang mirip Warkop DKI ini viral, ada sejumlah orang yang juga mirip dengan sejumlah artis.

Misalnya saja, Dimas Ramadhan yang mirip Raffi Ahmad dan Amel Amilia yang mirip Nike Ardila.

Direktur Jendral Kekayaan Intelektual (Dirjen KI), Freddy Harris, menjelaskan apa yang membedakan hal tersebut dan kenapa Lembaga Warkop DKI menegur Warkopi.

"Kalau mereka mirip wajah doang ga masalah, namun sepanjang mereka tidak meresepresentasikan, pertama bikin film, bikin short movie segala macem yang seolah-olah seperti itu atau dikomersilkan ya itu harusnya ada izin, itukan intinya di situ," kata Freddy saat jumpa pers virtual, Senin (27/9/2021) dikutip dari Tribunnews.com.

Menurutnya, selama orang yang mirip artis lalu viral dan tidak mengambil keuntungan, tidak akan menjadi masalah.

Sebab, menurut Freddy Harris, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ini pada dasarnya adalah masalah nilai ekonomi.

Segala sesuatu yang dikomersilkan dan menghasilkan nilai ekonomi pada mereka yang sudah didaftarkan harus melalui perizinan lembaga tersebut.

"Kalau dulu kan bebas tapi sekarang orang udah mengenal HAKI dan bisa dituntut kalo ga izin, apalagi kalo ada perbedaan karakter yang ditirukannya atau membuat bad karakter, bisa jadi masalah," jelas Freddy.

"Jadi melek HAKI nya ini udah tumbuh di masyarakat jadi harus hati-hati lah," tambahnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: tribunnews.com

Tags

Terkini

X