VBWS Targetkan 8,2 Juta Wisatawan, Ketua DPRD Sumbar Supardi: Mimpi Pemprov Terlalu Rendah

- Rabu, 4 Januari 2023 | 18:16 WIB
Ketua DPRD Sumbar Supardi (Ist)
Ketua DPRD Sumbar Supardi (Ist)

HALUAN PADANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) telah meluncurkan pencanangan tahun kunjungan wisata dengan mengusung tagline Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, di kawasan Jam Gadang Bukittinggi, baru-baru ini.

Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, dalam program VBWS sejumlah destinasi dijadikan icon diantaranya Harau Payakumbuh dan Jam Gadang Bukittinggi,

Menurutnya destinasi itu telah menjadi andalan sejak dahulu, Harau sekarang telah mengusung konsep ke Korean, sementara Jam Gadang masih seperti ciri khasnya sendiri.

"Mimpi Pemprov terlalu rendah jika hanya menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan pada 2023. Jika hanya itu, tanpa kepala daerah pun wisatawan sebanyak itu akan tetap datang ke Sumbar,” katanya Supardi saat membuka secara langsung Festival Nan Jombang 2023, Selasa, 3 Januari 2023, malam di Gedung Manti Menuik Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru, Padang.

"Dalam beberapa tahun terakhir wisatawan Malaysia masih mendominasi tingkat kunjungan di Sumbar, mengapa kita tidak melirik pangsa pasar Eropa, Timur Tengah hingga Tiongkok yang memiliki prospek lebih besar. Jika konsepnya hanya gitu-gitu saja bisa jadi program itu gagal," imbuhnya.

Supardi menyebut, ada hal yang patut lebih dibanggakan di Sumbar, yaitu budaya. Dengan unsur ini lah ranah Minang bisa lebih dikenal, sehingga memberikan dampak positif untuk banyak sektor salah satunya pariwisata.

“Kebudayaan Minangkabau merupakan suatu komoditas yang memiliki daya jual tinggi pada pasar mancanegara, Sumbar memiliki potensi itu, mengapa tidak itu saja diperkuat,” katanya.

Dia berharap kebudayaan harus menjadi suatu kebanggaan dan andalan untuk memajukan sektor pariwisata, jadi budaya ada di hulu hilirnya adalah pariwisata. Itu merupakan cara strategis untuk dilakukan bukan yang lain-lain.

Diwawancarai terpisah, Ketua Asita Sumbar Darmawi mengatakan, 40 persen wisatawan mancanegara (Wisman) yang masuk ke Sumbar berasal dari negara Malaysia, presentasi itu merupakan yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Setelah itu, baru disusul oleh negara lainya seperti Brunei Darussalam, Singapore, Jepang hingga Australia.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Wartawan Parlemen Riau Berkunjung ke DPRD Sumbar

Senin, 16 Januari 2023 | 13:05 WIB

Masyarakat Adat Pessel Dukung Ranperda Tanah Ulayat

Minggu, 15 Januari 2023 | 00:33 WIB

Terpopuler

X