Selama 2022, Sekretaris DPRD Sumbar Raflis Bawa OPD yang Ia Pimpin Raih Sejumlah Prestasi

- Selasa, 3 Januari 2023 | 14:58 WIB
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis (Ist)
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis (Ist)

HALUAN PADANG - Menjalani amanah sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selama tahun 2022, Raflis membawa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya meraih sejumlah prestasi.

Diantaranya, ditunjuk oleh Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan antar Lembaga (FKDH) Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk mempresentasikan penyusunan indeks kinerja DPRD di hadapan beberapa Sekwan dan kepala biro pemerintahan yang berasal dari 10 provinsi se Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Raflis mengungkapkan, dalam penyusunan indeks kinerja DPRD pihaknya mengutamakan penerapan keterbukaan informasi dengan menggandeng seluruh unsur terkait, mulai dari aspirasi yang masuk melalui reses dan hasil audiensi, hingga produktifitas peraturan daerah (Perda) yang dihasilkan.

"Seluruh data yang dihimpun, menjadi acuan bagi kita dalam menyusun dokumen tersebut, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dan nantinya akan tepat sasaran," katanya.

Dia mengatakan semua harus dilibatkan, termasuk para staf yang paham pada bidang masing-masing, tentunya dengan mengemukakan komunikasi yang baik, agar situasi kerjaan tetap terjaga dan hasil pun maksimal.

Selama 2022, Sekertaris DPRD Sumbar Raflis juga aktif mendampingi dewan untuk menyambut demonstran yang menyampaikan tuntutan. Diantaranya, puluhan masyarakat yang tergabung dalam kolaborasi Ormas dan Tokoh Masyarakat Sumbar yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurunkan kembali harga BBM bersubsidi

Mereka menilai pemerintah tidak layak menaikkan harga BBM bersubsidi karena masyarakat belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi covid 19. 

Selanjutnya aspirasi tenaga honorer yang menuntut dimasukkan dalam pendataan Kementerian PAN-RB, puluhan tenaga non ASN Solok Selatan datangi DPRD Sumbar, Selasa sore (13/9). Kedatangan mereka mewakili sebanyak 2.400 tenaga non ASN lainnya yang masih berstatus aktif dan juga non aktif. 

Tenaga non ASN ini diantaranya berprofesi sebagai guru honorer, tenaga medis, pegawai instansi pemerintahan dan lainnya. Mereka ada yang sudah diberhentikan sejak tahun lalu dan baru-baru ini. Ada pula yang masih bekerja namun akan segera dirumahkan.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Wartawan Parlemen Riau Berkunjung ke DPRD Sumbar

Senin, 16 Januari 2023 | 13:05 WIB

Masyarakat Adat Pessel Dukung Ranperda Tanah Ulayat

Minggu, 15 Januari 2023 | 00:33 WIB

Terpopuler

X