Audiensi Terkait KUHP dengan BEM-SB, Supardi: DPRD Sumbar Sejalan dengan Masyarakat

- Kamis, 22 Desember 2022 | 17:26 WIB
 (Ist)
(Ist)

HALUAN PADANG - Puluhan Mahasiswa yang tergabung Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatera Barat (BEM-SB) beraudiensi dengan Ketua DPRD Sumbar Supardi, Kamis, 22 Desember 2022.

Audiensi tersebut merupakan lanjutan aksi unjuk rasa Aliansi BEM-SB untuk menolak sejumlah pasal-pasal bermasalah yang tertuang dalam muatan KUHP terbaru.

Koordinator BEM-SB Khalib berharap DPRD sejalan bersama dengan masyarakat bahwa dalam KUHP yang baru disahkan banyak pasal-pasal yang bermasalah dan kontroversial.

Diharapkan DPRD Sumbar mendorong pemerintah pusat untuk menghapus pasal-pasal tersebut dalam muatan KUHP itu.

Tidak hanya itu, ia juga meminta untuk Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi Dodo mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) sebelum tanggal 6 Januari 2023 sebelum di Undangkannya KUHP terbaru. Dalam polemik ini, diharapkan tuntutan mahasiswa harus dikawal hingga tuntas.

"Kita berharap DPRD Sumbar benar-benar bersama rakyat dan mahasiswa mengawal tuntutan tersebut, sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap jalannya kenegaraan," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, dalam rancangan KUHP terbaru memang banyak menuai pro dan kontra termasuk pada kalangan mahasiswa, namun pemikiran-pemikiran yang disampaikan mahasiswa patut diapresiasi karena melambangkan kepedulian terhadap bangsa.

"Jika memang muatan KUHP terbaru menimbulkan banyak masalah dan masyarakat yang keberatan, maka harus dilakukan peninjauan kembali," katanya.

Dalam pertemuan mahasiswa mengatakan, ada beberapa pasal yang bisa mempengaruhi independensi mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi, ada juga muatan yang membatasi ruang pemikiran untuk mengkritisi pemerintah. 

Sejatinya DPRD merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang dinilai buruk terhadap masyarakat.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Wartawan Parlemen Riau Berkunjung ke DPRD Sumbar

Senin, 16 Januari 2023 | 13:05 WIB

Masyarakat Adat Pessel Dukung Ranperda Tanah Ulayat

Minggu, 15 Januari 2023 | 00:33 WIB

Terpopuler

X