Menghadapi Bonus Demografi, Bkkbn Tekankan Pentingnya Persiapan SDM Berkualitas Sejak Kini

- Selasa, 22 November 2022 | 18:38 WIB
Penandatanganan Mou antara Sekolah Pascasarjana UNP dengan Bkkbn
Penandatanganan Mou antara Sekolah Pascasarjana UNP dengan Bkkbn

HALUAN PADANG -  Deputi Bidang Pelatihan dan Pengembangan Balitbang Bkkbn RI, Prof. M. Rizal Martua Manik mengatakan persiapan SDM berkualitas sejak kini sangat penting dalam menyongsong bonus demografi 2045 mendatang.

Saat memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa Pascasarjana S2 dan S3 di Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (32/11) Prof. Rizal juga menyorot persoalan gagal tumbuh pada anak (stunting) yang masih menjadi tantangan dalam pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas.

Menurutnya dari 17 poin SDGs (pembangunan berkelanjutan), ada beberapa poin SDGs yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo.

"Beberapa prioritas SDGs Presiden Jokowi diantaranya menghilangkan kelaparan, menurunkan resiko kekurangan gizi, mengurangi angka kematian ibu dan menurunkan angka kematian neonatal," ucapnya.

Ia menambahkan SDM berkualitas diperlukan untuk menghadapi bonus demografi tahun 2045 mendatang.

"Tantangan generasi saat ini menghadapi bonus demografi. Sukses pendidikannya, pekerjaan dan membentuk keluarga sehingga menjadi sejahtera tanpa stunting," tuturnya.

Prof. Rizal mengajak mahasiswa Pascasarjana UNP untuk ikut mencegah  lahirnya stunting baru.

Lebih lanjut Rizal menyampaikan, ada beberapa program yang akan dilakukan untuk mencegah stunting. Antara lain, program perencanaan kehamilan untuk menjaga jarak kehamilan yang juga menentukan kualitas anak, dan program perencanaan pra nikah.

"Perencanaan keluarga sangat berperan penting untuk mengurangi angka stunting, termasuk perencanaan keluarga baru atau perencanaan calon pengantin," ujarnya.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Wow Ada 19,7 Juta Nasabah Aktif Pegadaian

Jumat, 18 November 2022 | 17:59 WIB

Cukup Titip Logam Mulia Dapatkan Porsi Haji

Jumat, 18 November 2022 | 17:48 WIB

DPRD Sumbar Mulai Bahas Empat Ranperda Baru

Rabu, 2 November 2022 | 19:09 WIB

Terpopuler

X