Ketua DPRD Sumbar Dorong Lembaga Pendidikan Tinggi Majukan Cabor Pencak Silat

- Selasa, 1 November 2022 | 21:58 WIB
 (Ist)
(Ist)

HALUAN PADANG - Lembaga pendidikan tinggi, harus berkontribusi terhadap kemajuan dunia olahraga di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), khususnya pencak silat tradisional. Cabang olahraga (Cabor) ini,  merupakan bagian dari seni bela diri Minangkabau.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumbar Supardi saat penandatangan perjanjian kerjasama antara Universitas Negeri Padang (UNP) bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar, untuk memajukan Cabor tersebut, Selasa (1/11) di Gedung  Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP.

Dia mengatakan, olahraga merupakan  kebutuhan dan hak warga negara,  pemerintah harus mengakomodir hal tersebut untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

UNP merupakan salah satu Institusi Pendidikan Tinggi yang memiliki program studi ilmu keolahragaan, mesti menjadi ujung tombak dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan sehat.

Hakekatnya, lanjutnya Supardi, silat merupakan sarana untuk menanamkan jiwa pendekar pada jati diri manusia, secara kedaerahan seni bela diri ini merupakan marwah dan identitas Minangkabau.

"Salah satu organisasi di bawah naungan PBB yaitu Unesco, telah telah menetapkan silat sebagai situs warisan dunia. Cabor ini  harus mendapatkan perhatian seluruh pihak," katanya.

Politisi Gerindra yang juga Ketua IPSI Sumbar ini mengatakan,pada perjalanannya Cabor Pencak Silat selalu dinomor duakan dan tidak menjadi jenis olahraga bela diri yang diprioritaskan pada kompetisi nasional atau internasional, untuk itu perlu sinergisitas agar Cabor ini bisa maju dan bisa dikompetisikan pada tingkat mancanegara (Olimpiade-red).

"Silat merupakan bekal anak muda Minang untuk membela diri di perantauan, saatnya kembalikan hakekat silat pada yang sebenarnya," kata Supardi.

Dia menjelaskan, silat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari surau, agama serta sasaran (perguruan-red). Jika memutuskan diri untuk mendalami silat berarti telah memantapkan diri sebagai Islam sejati.

Sementara itu Dekan FIK UNP Alnedral mengatakan,  momentum kedatangan Ketua DPRD Sumbar Supardi, merupakan  bentuk komitmen untuk memajukan pencak silat, khususnya silat tradisi.
Cabor ini, harus bisa dipertandingkan dalam Olimpiade.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Wow Ada 19,7 Juta Nasabah Aktif Pegadaian

Jumat, 18 November 2022 | 17:59 WIB

Cukup Titip Logam Mulia Dapatkan Porsi Haji

Jumat, 18 November 2022 | 17:48 WIB

DPRD Sumbar Mulai Bahas Empat Ranperda Baru

Rabu, 2 November 2022 | 19:09 WIB

Terpopuler

X