Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
Suasana diskusi panel Audit Kasus Stunting di Kota Pariaman, Kamis (4/8) (Yesi)
Suasana diskusi panel Audit Kasus Stunting di Kota Pariaman, Kamis (4/8) (Yesi)

HALUAN PADANG -  Bkkbn bersama tim pakar kesehatan dan instansi vertikal terkait menggelar diskusi panel bagaimana memanajemen kasus stunting (kondisi gagal tumbuh) di Kota Pariaman, Kamis, 4 Agustus 2022.

Koordinator Bidang KB-KR Bkkbn Provinsi Sumbar, Rismiati mengatakan diskusi audit stunting bertujuan untuk mencari faktor penyebab khusus stunting serta mencari solusi pencegahan dan intervensi yang tepat.

"Tidak semua kasus diangkat untuk diaudit, tapi dipilih kasus yang mewakili dan butuh penanganan, dan didiskusikan apa penyebabnya, penanganannya dan intervensi yang tepat," ujarnya.

Baca Juga: Upaya Membangun Keluarga Berkualitas, BKKBN Gelar FGD Bina Ketahanan Keluarga

Sementara itu, Satgas Stunting Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman yang juga Teknikal Asisten Kota Pariaman, Wiendra Perdana mengatakan dari 506 kasus (20,3 persen) stunting di Kota Pariaman, diambil dua kasus yang akan dianalisis pada audit stunting kali ini.

"Kita mengambil dua kasus sampel sebagai percontohan agar hal yang sama tidak terjadi lagi di tempat lain," ujarnya.

Dalam intervensi stunting, Ia menyebut akan difokuskan untuk langkah pencegahan dulu. Sebab kalau sudah lewat 24 bulan, anak yang sudah stunting sudah susah diintervensi.

Baca Juga: BKKBN Sumbar Gelar Sosialisasi Advokasi dan KIE Penanganan Stunting bersama Mitra Kerja di Tanah Datar

Meskipun angka stunting di Kota Pariaman sudah rendah dari angka provinsi, namun percepatan penurunan stunting terus digenjot.

Wiendra menyebut berbagai faktor menjadi penyebab stunting. Berdasarkan data PK21, penyebab stunting di Kota Pariaman sifatnya bervariatif. Ada yang beresiko terkait pola asuh, kebiasaan, maupun kondisi ekonomi.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X