Diperbaiki Tahun Depan, DI Santok Kota Pariaman Alami Kerusakan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Natalia Pratimi
Natalia Pratimi


HALUANPADANG.COM - Saluran Daerah Irigasi (DI) Santok, Kota Pariaman, mengalami kerusakan. Bila dibiarkan terlalu lama  rusak akan semangkin parah.

Perbaikan DI Sintok akan dilaksanakan dengan APBD tahun depan. Tahun 2022 ini tak dapat dikerjakan karena usulan perbaikanya secara makro melalui DAK, tapi tak dapat, karena Kota Pariaman tak termasuk dalam lokasi prioritas.

"Ya terundur perbaikanya," kata Kasi Pengairan Dinas PUPR dan Pertanahan KotanPariaman, Natalia Pratimi, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Traffic Light di Simpang Apar Sudah Berfungsi Kembali

Kerusakan pada dinding saluran itu memang ada pada beberapa titik, karena sudah lama dibangun, dan memang perlu dan sudah tiba waktunya untuk perawatan.

D.I Santok tersebut mengairi sawah seluas 500 hektar sampai ke hilir dan irigasi teknis itu menjadi andalan petani akan kebutuhan air sawah untuk tanam padi.

Baca Juga: Kaya Pesan Moral, Pemko Padang Apresiasi Film Surga Untuk Mama

Terpantau  di D.I.Irigasi Santok tersebut, kerusakan dinding irigasi ada yang patah, retak dan sedikit amblas. Dikawatirkan kalau kerusakan itu berlama -lama akan dapat mengganggu stabilitas kebutuhan air bagi petani dalam menjalankan aktifitas pertanianya.(*)

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X