Permasalahan Pemilihan Ketua dan Pengurus Koperbam, Nazwir: Telah Diselesaikan dengan Baik

- Rabu, 20 Juli 2022 | 20:13 WIB
Suasana rapat yang dihadiri berbagai pihak
Suasana rapat yang dihadiri berbagai pihak

HALUAN PADANG - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Nazwir menyatakan, permasalahan pemilihan Ketua dan pengurus Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperbam) 2022 - 2027 telah diselesaikan dengan baik.

Hal ini diungkapkan oleh Nazwir ketika menghadiri undangan dari Dinas Koperasi UKM Kota Padang tentang permasalahan pemilihan ketua dan pengurus Koperbam periode 2022 - 2027 yang di duga terjadinya penggelembungan suara dan jabaran ketua Koperasi selama 4 periode.

Menurutnya, seseorang sah-sah saja menjadi ketua dan pengurus koperasi selama empat periode, apalagi undang-undang tidak ada yang mengaturnya, seperti yang dikeluhkan oleh para anggota Koperbam Teluk Bayur, Padang.

"Kan AD/ART nya telah berubah. Jadi, sah-sah saja seseorang menjabat sebagai ketua koperasi selama empat periode," ucapnya saat ditemui setelah acara. Rabu, 20 Juli 2022.

Lebih lanjut, Nazwir menyatakan tidak akan terjadi lagi pemilihan ulang ketua dan pengurus Koperbam kembali, karena pemilihan telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

"Pemilihan telah dilakukan, dan pemenangnya sudah ada. Yang harus dilakukan saat ini adalah menyatukan niat dari koperasi itu sendiri, dengan cara mensejahterakan anggota," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Padang Ferry Erviyan Rinaldy. Menurutnya, Koperbam harus tetap berjalan dengan semestinya.

"Hasil pertemuan kita tadi, kita menekankan koperasi tetap jalan, dan Dinas Koperasi Kota Padang akan memberikan fasilitas mediasi kepada kedua calon ketua koperasi," tambahnya.

Lebih lanjut, Ferry Erviyan Rinaldy menegaskan undang-undang tidak ada yang mengatur tentang jabatan ketua koperasi yang melebihi dari dua periode.

"Undang-undang saja tidak ada yang mengatur lama jabatan seseorang sebagai ketua koperasi. Kita hanya menfasilitasi. Kelebihan suara tidak di permasalahkan lagi," balasnya.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Terkini

Wow Ada 19,7 Juta Nasabah Aktif Pegadaian

Jumat, 18 November 2022 | 17:59 WIB

Cukup Titip Logam Mulia Dapatkan Porsi Haji

Jumat, 18 November 2022 | 17:48 WIB

DPRD Sumbar Mulai Bahas Empat Ranperda Baru

Rabu, 2 November 2022 | 19:09 WIB

Terpopuler

X