Upaya Membangun Keluarga Berkualitas, BKKBN Gelar FGD Bina Ketahanan Keluarga

- Minggu, 3 Juli 2022 | 21:13 WIB
Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati saat memberikan sambutan pada FGD Bina Ketahanan Keluarga, Minggu, 3 Juli 2022 (Foto/Yesi)
Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati saat memberikan sambutan pada FGD Bina Ketahanan Keluarga, Minggu, 3 Juli 2022 (Foto/Yesi)

HALUAN PADANG - BKKBN Sumbar menggelar Focus Grup Discussion (FGD) membina ketahanan keluarga, bertempat di Pangeran Beach Hotel, Minggu, 3 Juli 2022.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati mengatakan pembangunan Keluarga merupakan salah satu tugas pokok BKKBN, selain Kependudukan dan Keluarga Berencana.

"Pembinaan ketahanan keluarga dilakukan untuk mencapai visi BKKBN membangun keluarga berkualitas yang mencakup ketahanan keluarga," ucapnya.

Baca Juga: BKKBN Sumbar Gelar Sosialisasi Advokasi dan KIE Penanganan Stunting bersama Mitra Kerja di Tanah Datar

Dikatakannya lagi, pembinaan ketahanan keluarga dapat dilakukan melalui beberapa strategi program.

Diantaranya dengan cara peningkatan kualitas anak, remaja, kualitas hidup lansia dengan memberikan akses informasi kepada keluarga-keluarga yang ada.

"Selain itu perlu mengaktualkan delapan fungsi keluarga kepada seluruh keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosial, ekonomi dan fungsi lingkungan," katanya.

Fatmawati menambahkan dalam UU no. 10 tahun 1992, definisi ketahanan keluarga adalah kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik material dan psikis mental dan spiritual guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk mencapai keadaan harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin.

Baca Juga: Bahas Penanganan Stunting, Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo Hadiri Acara Gebyar Kader Se-Kabupaten Sijunjung

Ia berharap, melalui FGD ini, nantinya akan keluar suatu kebijakan oleh Pemerintah Daerah Sumatera Barat, bagaimana ketahanan keluarga yang berkualitas itu sesuai menurut agama dan budaya masyarakat Minangkabau.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X