Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 9 Juli, Indonesia 10 Juli 2022

- Jumat, 1 Juli 2022 | 12:11 WIB
Ilustrasi (twitter@dwnews)
Ilustrasi (twitter@dwnews)

HALUANPADANG.COM - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menetapkan Idul Adha 1443 H/2022 M, jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022. Di Indonesia pemerintah menetapkan  jatuh pada Minggu, 10 Juli, dan Muhammadiyah sama dengan Arab Saudi menetapkan jatuh pada Sabtu .

Mahkamah Agung Saudi menyatakan, penetapan tersebut didasarkan pada telah tampaknya hilal bulan sabit oleh observatorium Tamir Saudi.

Mengutip Mahkamah Agung Kerjaan Saudi, kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa "Hari pertama Idul Adha akan dimulai pada 9 Juli setelah penampakan hilal yang diamati oleh observatorium Tamir Saudi."

 Baca Juga: Hokben, Restoran Cepat Saji Ala Jepang Hadir di Padang, Gerai Pertama di Sumbar

Mahkamah Agung Arab Saudi awal pekan ini meminta semua Muslim di Kerajaan untuk melihat bulan sabit Dzulhijjah pada Rabu malam. Umat ​​Muslim mengikuti kalender bulan yang terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun 354 atau 355 hari.

Melihat bulan sabit juga digunakan untuk memulainya bulan puasa Ramadhan, yang jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan Idul Fitri yang dimiliki akhir Ramadhan. 

 Penetapan Hari Raya Idul Adha bahi Arab Saudi tersebut berbeda sehari dibandingkan dengan pemerintah Indonesia yang menetapkan pada Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Buntut Promo Miras untuk Muhammad, Anies Baswedan Tutup Seluruh Gerai Holywings

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid menyampaikan hasil keputusan tersebut di kantor Kementerian Agama RI, Rabu (29/6/2022).

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X