Mengintip Inovasi Nyluhda di DP3 Kota Pariaman 

- Kamis, 30 Juni 2022 | 12:16 WIB
Mengintip Inovasi Nyluhda di DP3 Kota Pariaman 
Mengintip Inovasi Nyluhda di DP3 Kota Pariaman 

Oleh: Veranita Okta Putri, S.Pt

HARIAN HALUAN - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Pariaman melahirkan inovasi Nyuluhda atau Menyuluh sambil bersepeda.

Nyuluhda ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan jajaran dari Kepala DP3 Kota Pariaman bersama Sekretaris, Kabid sampai ke penyuluh pertanian.

Melakukan kegiatan penyuluhan sambil bersepeda ke kelompok dan petani yang ada di Kota Pariaman, kegiatan ini merupakan salah satu inovasi DPPP yang dilaksanakan rutin setiap Jumat oleh Kepala Dinas bersama jajaran yang ada di DP3 Kota Pariaman.

Baca Juga: Duh, Pria di Pariaman Ini Jual Sabu untuk Modal Berjudi

Selain itu, hal ini dilakukan untuk kesehatan fisik maupun mental, juga bermanfaat dalam pembinaan langsung kepada petani dan peternak serta para pembudidaya ikan. Tidak lain agar dapat memberikan motivasi supaya selalu semangat dalam melakukan aktivitas pertanianya.

Selanjutnya, masing - masing Kabid yang membidangi dapat melakukan evaluasi langsung terhadap kegiatan yang diberikan kepada masyarakat dan sekaligus dapat melihat potensi-potensi yang ada di bawah. 

Dari hasil wawancara kami dengan salah satu pengurus kelompok wanita tani yang dikunjungi mereka merasa senang dan bangga dikunjungi oleh Kepala Dinas dan pejabat yang ada di DP3 karena selama ini mereka hanya bertemu dengan penyuluh saja.

Sekretaris DP3 pada saat Nyuluhda ke KWT Bungo Tanjung cukup antusias melihat kegiatan KWT tersebut mereka secara swadaya telah menciptakan kegiatan Urban Farming sederhana, dimana pekarangan yang tidak begitu luas mereka bisa budidaya bermacam-macam jenis sayuran secara vertikal garden.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X