Ketua PAPPRI Sumbar Husin Daruhan Sebut Seniman dan Musisi Sumbar Luput dari Pemulihan Ekonomi

- Rabu, 29 Juni 2022 | 21:10 WIB
Husin Daruhan
Husin Daruhan


HALUAN PADANG -
 Sangat jarang diperbincangkan, ternyata seniman dalam bidang tarik suara dan pencipta lagu di Sumatera Barat (Sumbar) hidup dalam keadaan tidak mapan. Salah satu upaya untuk menuntaskan persoalan itu adalah melahirkan sebuah Peraturan Daerah (Perda) yang mampu meningkatkan kesejahteraan seniman.

Begitulah tutur Husin Daruhan saat diwawancarai oleh awak media.

Baca Juga: Reses Wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib Kantongi Keluhan Masyarakat Kuranji Persoalan Sembako Hingga Sistem PPDB

Berangkat dari keresahan, Husin Daruhan kemudian bersuara mengenai seniman-seniman yang ada di Sumatera Barat yang hidup dalam kekhawatiran. Apalagi, seniman-seniman sudah banyak yang berumur dan tawaran untuk melakukan pementasan seni sudah jarang diadakan.

"Pemerintah daerah mestinya melek akan hal ini, lahirkanlah Perda untuk menjamin hak-hak seluruh seniman, sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi unsur tersebut," tutur Husin Daruhan.

Kemudian dijelaskannya bahwa dalam muatan Perda itu ada pengaturan tentang royalti untuk karya yang dibawakan oleh orang lain, atau harga standar seni rupa ataupun pertunjukkan.

Baca Juga: Dugaan Kecurangan Markup Nilai PPDB Jalur Prestasi, Puluhan Walimurid Serbu DPRD untuk Mengadu

Sementara untuk pencipta lagu dan penyanyi, hendaknya para pengusaha hotel ataupun hiburan seperti karaoke hingga KIM, menyisihkan beberapa pendapat untuk pencipta lagu karena membawakan karya orang lain.

"Hingga sekarang hal itu tidak terlaksana, karena tidak ada payung hukum yang mendasari," ungkapnya.

Begitupun di hotel-hotel berbintang, para turis yang datang ke Sumatera Barat hendaknya diperkenalkan jua mendengar lagu-lagu Minang, bukan lagu yang berbahasa asing ataupun pop Indonesia.
Termasuk juga, di pintu kedatangan seperti bandara, hendaknya bisa memutarkan lagu Minang. Menurut Husin Daruhan dengan langkah-langkah yang seperti ini adalah bentuk sebuah dukungan kepada musisi-musisi dan seniman.

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X