Dugaan Kecurangan Markup Nilai PPDB Jalur Prestasi, Puluhan Walimurid Serbu DPRD untuk Mengadu

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:30 WIB
Puluhan wali murid Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Padang ramai-ramai mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
Puluhan wali murid Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Padang ramai-ramai mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

HALUAN PADANG - Puluhan wali murid Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Padang ramai-ramai mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Diketahui, kedatangan wali murid tersebut dalam rangka memperjuangkan nasib anak mereka yang tercoret pada sistem PPDB jalur prestasi.

"Dikarenakan markup nilai rapor yang tidak diketahui oleh walimurid, anak kita tercoret sistem PPDB khususnya jalur prestasi. Sekarang nasib mereka harus mengikuti jalur zonasi, secara perhitungan jelas tidak akan masuk di SMA negeri yang jauh dari rumah," tutur salah satu walimurid, Ibas.

Baca Juga: Ketua DPRD Hadir dalam Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Payakumbuh, Supardi: Lestarikan Tradisi

Kemudian dijelaskannya bahwa dalam sistem administrasi Kepala Sekolah SMAN 1 Padang telah mengeluarkan surat terkait polemik ini. Namun, surat tersebut terkesan memberatkan siswa yang tidak mengetahui adanya markup nilai.

"Jumlah murid yang tersandung masalah ini sebanyak 50 orang, sekarang mereka tidak tahu lagi harus melanjutkan sekolah negeri kemana," tuturnya.

Untuk menanggapi persoalan ini, Ketua PPDB tingkat SMA/SMK Sumbar, Suryanto mengungkapan praktek dugaan markup nilai yang merupajan saah satu perbuatan yang bertentangan dengan kaidah tenaga didik.

Baca Juga: Ketua DPRD Supardi Lakukan Reses Perseorangan dan Tampung Berbagai Aspirasi Masyarakat Payakumbuh

“Sesuai dengan pasal 28 PPDB, intinya kalau tidak mengunakan dokumen yang sah atau tidak menggunakan dokumen semestinya sesuai dengan undang-undang itu bisa dibatalkan. Kita anggap tidak valid datanya,” ujarnya

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X