Ketua DPRD Hadir dalam Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Payakumbuh, Supardi: Lestarikan Tradisi

- Selasa, 28 Juni 2022 | 05:00 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi menghadiri Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Karang Taruna Sopan Santun Tingkat SD/SLTP/SLTA Se-Sumbar- Riau - Jambi, Minggu 26 Juni 2022.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi menghadiri Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Karang Taruna Sopan Santun Tingkat SD/SLTP/SLTA Se-Sumbar- Riau - Jambi, Minggu 26 Juni 2022.


HALUAN PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi menghadiri Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al Fitrah Karang Taruna Sopan Santun Tingkat SD/SLTP/SLTA Se-Sumbar- Riau - Jambi, Minggu 26 Juni 2022.

Pada acara itu Supardi menaruh harap agar para pemuda-pemudi penerus bangsa dapat mempertahankan budaya tradisi yang telah dilestarikan semenjak dahulu kala oleh nenek moyang Minangkabau.

Baca Juga: Ketua DPRD Supardi Lakukan Reses Perseorangan dan Tampung Berbagai Aspirasi Masyarakat Payakumbuh

"Silat adalah salah satu budaya tradisi kita, semenjak zaman dahulu sampai hari ini tradisi yang diakui oleh dunia internasional itu adalah pencak silat. Kemudian, kementerian juga telah mencapkan bahwa pencak silat itu berasal dari Sumatera Barat Minangkabau," tutur Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) itu.

Kemudian lebih lanjut dijelaskan Supardi bahwa ketiga daerah yang ikut berlaga di pencak silat saat itu yakninya Sumbar-Riau dan Jambi merupakan rumpun yang sama dan mengakui bahwa silat memang dari daerah kita.

"Kita mempunyai ras yang sama. Meskipun berbeda-beda provinsi kita tetap satu rumpun. Silat berasal dari daerah kita, di tangan kita jugalah silat akan berkibar baik itu di kancah Nasional maupun di Internasional," tutur Supardi.

Baca Juga: Ketua DPD RI Berharap Pencak Silat Dikenalkan ke Generasi Muda

Kemudian pada kesempatan yang sama Supardi dengan mantap dan tegas menyebut bahwa dirinya bersama masyarakat Minangkabau memiliki kewajiban untuk sama-sama memajukan tradisi pencak silat ini.

"Kita punya kewajiban untuk memajukan pencak silat ini. Dan juga, atas nama DPRD Provinsi Sumatera Barat kami akan mencoba intensif melakukan backup dan support kejuaraan-kejuaraan yang mengatasnamakan silat," ungkap Supardi.

Ungkapan Supardi lantas disambut riuh tepuk tangan dari peserta dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan laga pencak silat Minsai Al Fitrah Karang Taruna Sopan Santun itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X