Bantu Korban Gempa, MER-C Kirim Tim Medis Bedah Tulang ke Afghanistan

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:32 WIB
MER-C akan kirim Tim Medis ke Afghanistan. (twitter)
MER-C akan kirim Tim Medis ke Afghanistan. (twitter)

HALUANPADANG.COM -Lembaga kegawatdaruratan medis, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengirimkan tim bedah untuk memberikan bantuan medis bagi korban gempa bumi di Afghanistan.

Mengingat karakteristik bencana yang terjadi merupakan bencana gempa bumi, maka Tim yang disiapkan oleh MER-C untuk membantu korban adalah tim bedah, yang terdiri dari dokter spesialis bedah ortopedi, ahli anestesi, dokter umum dan perawat.

"MER-C memandang perlu untuk mengirimkan tim bedah untuk membantu menangani fase akut pada dua minggu pertama. Oleh karena itu kita akan mengirimkan tim bedah," kata Kepala Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad dalam siaran persnya, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Kecelakaan Maut! Bus Pariwisata Masuk Jurang, 3 Penumpang Tewas di Tempat

Tim bedah tersebut, kata dia, akan berangkat pada minggu depan untuk segera memberikan pertolongan bagi para korban. Keberangkatan mereka akan dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Afghanistan.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Afghanistan pada 22 Juni 2022. Lokasi gempa berada sekitar 44 kilometer dari kota Khost, yang terletak di dekat perbatasan Afgahnsitan dengan Pakistan.

Baca Juga: Mudahkan Calon Pengurban, ACT Pasaman Barat Menyediakan Harga Qurban Terjangkau Rp1,6 Juta pada Tanggal 24-25 Juni

Laporan menurut data sementara menyebutkan bahwa sedikitnya 1.000 orang meninggal dunia dan 1.500 lainnya mengalami luka-luka. Jumlah pencarian tersebut diperkirakan akan terus bertambah karena upaya masih terus dilakukan untuk menemukan korban yang tertimpa reruntuhan bangunan. (*)

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X