Di Tengah Kecamuk Perang, Presiden Jokowi Menemui Vladimir Putin

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:14 WIB
Presiden RI Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)
Presiden RI Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)


HALUANPADANG.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Rusia dipenghujung Juni ini. Jokowi akan berdialog langsung dengan Presiden Vladimir Putin di Istana kremlin.

Rencana kunjungan Jokowi ke Moskow pada 30 Juni 2022 tersebut dibocorkan oleh sumber dari kantor berita Rusia, Tass. Media pemerintah itu mengutip sumber di Kremlin menyebutkan bahwa pertemuan Putin - Jokowi bakal sangat penting bagi dunia.

"Pertemuan (Putin - Jokowi) yang sangat penting, dan kami sedang mempersiapkannya sekarang," kata sumber Istana Kremlin itu.

Baca Juga: Kasus Mafia Minyak Goreng, M Lutfi Jalani Pemeriksaan di Kejagung

Kabar tersebut akhirnya dibenarkann oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Melalui jumpa pers virtual Kementerian Luar Negeri Rabu, Rabu (22/6/2022), Menlu Retno menyatakan, rencana kunjungan Jokowi tak hanya ke Rusia, juga ke Ukraina pada akhir bulan ini.

Kunjungan Presiden Jokowi di tengah  kecamuk  perang Rusia vs Ukraina tersebut  menurut  Menlu Retno adalah untuk terus mendorong semangat perdamaian.

Sebagai presidensi G20 dan anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, kata dia, Presiden Jokowi memilih untuk berkontribusi dalam masalah geopolitik ini.

Baca Juga: Lantik Zulkifli Hasan sebagai Mendag, Begini Alasan Jokowi

"Kunjungan ini menunjukan kepedulian Presiden Jokowi terhadap isu kemanusiaan. Presiden juga akan mencoba memberikan kontribusi menangani isu pangan," kata Retno.

Retno menilai masalah pangan dunia belakangan ini disebabkan oleh perang, dampak yang dirasakan semua negara, terutama negara berkembang dan penghasilan rendah.

Karena itu, kata Retno, Presiden Jokowi akan terus mendorong semangat perdamaian.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X