Hebat! Kini Ada Tiga Nagari Ramah Harimau di Sumbar

Dodi Caniago
- Jumat, 17 Juni 2022 | 18:23 WIB
Ilustrasi Harimau Sumatera (Foto : Pixabay / No Longer Here)
Ilustrasi Harimau Sumatera (Foto : Pixabay / No Longer Here)

HALUANPADANG.COM - Harimau merupakan salah satu satwa langka dunia yang kini hampir punah di muka bumi. Untuk memelihara kelestrian harimau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar bersama Pemerintah Provinsi Sumbar punya terobosan luar biasa.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono mengatakan, Sumbar kini memiliki tiga nagari Ramah Harimau sebagai upaya memelihara kelestarian satwa langka tersebut yang digagas oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumbar bersama Pemerintah Provinsi.

"Nagari ramah harimau diluncurkan pada Februari 2022 bertujuan agar masyarakat setempat bisa beradaptasi dan turut melestarikan satwa yang telah mulai punah tersebut," kata Ardi seperti dilansir dari laman sumbar.antaranews.com, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Duh! Mantan Mendag Muhammad Lutfi Curhat Merasa Seperti Keset

Menurut dia tiga nagari yang berstatus ramah harimau tersebut yaitu Sontang Cubadak di Pasaman, Nagari Baringin di Kabupaten Agam, dan Nagari Ujung Gading di Pasaman Barat.

Di nagari ramah harimau, masyarakat setempat diberikan pengetahuan bagaimana berinteraksi dengan harimau termasuk bagaimana melakukan patroli, memasang kamera jebak hingga cara menangkap harimau.

Nagari ramah harimau tersebut dikeluarkan SK oleh provinsi, dan sebenarnya seluruh kepala daerah berkewajiban untuk bersama-sama mewujudkannya.

Baca Juga: Kondisi  Anak SD Korban Muntilasi Sangat Mengerikan, Guru: Stop! Sebarkan Foto dan Videonya

"Pada nagari tersebut juga dibentuk patroli anak nagari (pagari) yang merupakan perangkat nagari secara rutin berkeliling melakukan patroli," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: ANTARA

Tags

Terkini

X