Lantik Zulkifli Hasan sebagai Mendag, Begini Alasan Jokowi

- Rabu, 15 Juni 2022 | 22:27 WIB

HALUANPADANG.COM – Presiden Jokowi mengungkapkan alasanya melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Berdasarkan  rekam jejak dan pengalaman panjangnya  Ketua Umum DPP PAN itu dinilai cocok menjadi Mendag.

"Saya melihat pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan. Karena sekarang ini untuk urusan pangan, yang berkaitan ini dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun ke lapangan untuk melihat langsung yang berkaitan utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," kata Jokowi.

Presiden memberikan keterangan pers tersebut usai melantik dua menteri dan tiga wamen Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Siang Ini, Zulkifli Hasan Dikabarkan Gantikan M Lutfi

Zulkifli Hasan dilantik sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Kemudian Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional,John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Presiden juga menyatakan, urusan ekspor  menjadi wewenang Menteri Perdagangan. Namun lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok masyarakat.

"Kalau urusan ekspor saya kira juga menjadi urusan menteri perdagangan tapi yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri, harus bisa jaga," ujar presiden.

Baca Juga: Budayakan Kembali Tertib Berlalu Lintas, Polres Agam Amanatkan Bhabinkamtibmas Bantu Pembinaan Masyarakat

Sementara itu, alasan Jokowi  melantik   Hadi Tjahjantoi sebagai Menteri ATR/BPN berdasarkan pengalamannya dulu sebagai Panglima TNI.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X