Sebagian Wilayah Indonesia Diperkirakan Tak Alami Musim Kemarau pada 2022

- Rabu, 8 Juni 2022 | 12:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 


HALUAN PADANG - Beberapa wilayah Indonesia masih terus mendapati hujan hingga kini, bahkan diperkirakan tidak akan mengalami musim kemarai pada 2022. Hal ini disampaikan oleh Pusat Riset Iklim dan Atmosfer (Prima), Organisasi Riset Kebumian dan Maritim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Instagram Minggu (5/6/2022).

Menurut Prima BRIN, ada tiga faktor yang membuat musim kemarau 2022 lebih basah dan bahkan di beberapa wilayah tak ada kemarau sama sekali.

Ketiganya adalah pembentukan siklon tropis di Samudra Hindia, aktivitas gelombang ekuator Rossby dan La Nina yang stabil di nilai antara -0,5 hingga -1 derajat Celcius.

"Ini berpotensi membuat sebagian besar wilayah Indonesia mengalami peningkatan hujan sepanjang tahun 2022 serta dapat menimbulkan sifat musim kemarau yang cenderung basah di selatan Indonesia," terang Prima BRIN.

Baca Juga: Simpan 7 Janin dalam Kotak Makan, Perempuan di Makassar Ini Akhirnya Ditangkap Polisi

Fenomena ini bukan yang pertama kali terjadi di Idonesia. Kemarau basah yang berdampak pada musim hujan sepanjang tahun di Pulau Jawa juga pernah terjadi pada tahun 2010.

"Demikian pula potensi kemarau basah pada tahun 2022 yang dapat menghilangkan musim kemarau di beberapa wilayah di Pulau Jawa," jelas lembaga tersebut lebih lanjut.

Berdasarkan data historis, La Nina berkepanjangan selama lebih dari dua tahun berturut-turut juga pernah terjadi pada pertengahan tahun 1998 hingga awal tahun 2000 dan pada saat itu menimbulkan banyak kejadian banjir dan longsor yang meluas di Indonesia.

Baca Juga: Fasilitas Rawat Inap BPJS Kelas Standar Tidak Setara dengan Kelas 3

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Hitekno.com

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X