Banyak Kritik, Pemeritah Kaji Ulang Tiket Naik ke Candi Borobudur Rp 750 Ribu

- Senin, 6 Juni 2022 | 23:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HALUANPADANG.COM - Setelah mendapat  kritik dan masukan dari banyak pihak, pemerintah akhirnya mengaji ulang rencana menaikan harga tiket Rp750 ribu untuk naik ke atas Candi Borobudur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengaku sejak rencana itu digulirkan, dirinya banyak menerima masukan dari sejumlah pihak untuk kembali mengevaluasi niat tersebut.

“Saya mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal. Karena itu nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan. Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya atas perhatian yang begitu besar kepada warisan budaya kebanggaan kita semua ini,” ujar Luhut, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Satu Bumi untuk Masa Depan; Perubahan Iklim dan Bencana Hidrologi Ancam Lingkungan Hidup

Luhut memastikan rencana penerapan tarif yang muncul saat ini belum final. Karena masih akan dibahas dan diputuskan oleh Presiden pada minggu depan.

Menurut Luhut pengkajian ulang hanya tarif bagi wisatawan domestik, sementara bagi wisatawan asing, rencana kenaikan tarif menjadi sebesar USD100 bagi mereka, kata Luhut tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp 5 ribu.

Sementara untuk sekadar masuk ke kawasan Borobudur, tarifnya juga tetap di angka Rp 50 ribu seperti saat ini.

Baca Juga: Anggaran Pemilu 2024 Rp76,6 Triliun, Tahapan Dimulai 14 Juni 2022

Selain itu, Luhut juga mengatakan berdasarkan masukan yang diterima, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menyediakan tarif khusus bagi warga Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X