Menyambut PHRI Bike Tour 2022, Kota Padang Dipercaya sebagai Penyelenggara Pertama

- Jumat, 27 Mei 2022 | 16:02 WIB
Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran didampingi Sekretaris PHRI Sumbar, Elvis Syarif dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Mazri Tanjung saat menyampaikan persiapan iven PHRI Bike Tour 2022, Rabu, 25 Mei 2022 (Foto/Yesi)
Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran didampingi Sekretaris PHRI Sumbar, Elvis Syarif dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Mazri Tanjung saat menyampaikan persiapan iven PHRI Bike Tour 2022, Rabu, 25 Mei 2022 (Foto/Yesi)

HALUAN HALUAN - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bersiap menggelar kegiatan sport tourism bertajuk "PHRI Bike Tour 2022" di delapan Kota di Indonesia. 

Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran mengatakan iven ini nantinya akan berlangsung di delapan Kota. Delapan Kota itu yakni Padang (3-5 Juni), Bali (24-26 Juni), Palembang (15-17 Juli), Bogor (6-7 Agustus), Jogja (17-18 September), Mandalika (4-6 November), Makassar (18-20 November) dan Jakarta (3 Desember).

"Sebagai pelaksana pertama Kota Padang siap menjadi percontohan atau pilot project nya, meskipun waktu persiapan kita sangat mepet sekali, tapi kita siap dan optimis bisa mengangkat iven nasional ini di Sumbar," kata Rina saat ditemui di Hotel Pangeran, Rabu, 25 Mei 2022.

Rina menuturkan, iven gowes sepeda ini berbeda dengan perlombaan sepeda yang sudah ada pada umumnya.

Dikatakan Rina, jika biasanya target lomba balap sepeda untuk adu cepat sampai garis finish, tapi iven PHRI Bike Tour 2022 ini bukan mencari yang tercepat, tetapi pemenang nantinya adalah peserta yang membuat video pengalamannya selama melewati rute yang telah ditetapkan dan memposting di sosial medianya masing-masing.

"Jadi semacam story telling atau membuat cerita dan kesan masing-masing selama bersepeda melewati tempat wisata di Kota Padang. Tujuan kita, peserta nantinya mempromosikan wisata kita di Kota Padang sesuai rute yang akan dilalui peserta," ucapnya.

Rina menambahkan pemilihan Kota Padang sebagai salah satu pelaksana juga didasarkan atas tindak lanjut usulan Gubernur yang berdiskusi bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani yang mendorong PHRI Sumbar untuk mengangkat kembali iven-iven nasional di Sumbar.

"Sejak kunjungan panitia pelaksana pada Munas PHRI beberapa waktu lalu Pemprov Sumbar, Pemerintah Kota Padang sangat mendukung sekali, iven seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan okupansi hotel yang juga tentunya akan membangkitkan imunitas pariwisata di Sumbar, yang berdampak banyak tidak hanya bagi okupansi hotel, tapi juga bagi pelaku wisata lain seperti pelaku usaha di bidang kuliner, oleh-oleh, dan lainnya," tuturnya.

PHRI juga bekerjasama dengan event organizer (EO) Inspiro yang memang sudah terkenal debutnya mengelola iven-iven internasional, lomba maraton, balap sepeda tour de Singkarak juga dan banyak iven lainnya.

Disisi lain untuk teknis pelaksanaan, Sekretaris PHRI Sumbar, Elvis Syarif mengatakan peserta nantinya akan melewati rute kurang lebih 40 kilometer yang melintasi beberapa spot wisata menarik.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Terkini

X