Waspada Penyalahgunaan Narkoba, Pemko Bukittinggi Agendakan Penyuluhan Hingga Tes Urin Massal

- Senin, 23 Mei 2022 | 16:28 WIB
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar (tiga dari kanan) saat ikut memperlihatkan barang bukti 41.4 kilogram sabu yang berhasil didapatkan Polres Bukittinggi (Foto/Vesco)
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar (tiga dari kanan) saat ikut memperlihatkan barang bukti 41.4 kilogram sabu yang berhasil didapatkan Polres Bukittinggi (Foto/Vesco)

HALUAN PADANG - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi tingkatkan kewaspadaan pasca terungkapnya kasus peredaran narkoba jenis sabu seberat 41.4 kilogram di Bukittnggi.

Pasalnya, jika diakumulasikan 1 gram sabu dikonsumsi 10 orang, 41.4 kilogram dapat meracuni 414 ribu jiwa.

Jumlah tersebut hampir menyentuh 3,5 kali jumlah penduduk kota Bukittinggi. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2020 lalu, jumlah penduduk kota Bukittinggi berkisar di angka 121 ribu jiwa.

Baca Juga: Polres Bukittinggi Berhasil Gagalkan Peredaran Sabu Seberat 41.4 Kilogram

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, dengan terungkapnya kasus tersebut, pihaknya akan segerakan penyusunan program-program untuk memberdayakan masyarakat dan pemuda.

"Selain itu, kita akan berkoordinasi dengan Polres Bukittinggi dan BNNK Bukittinggi untuk melakukan sosialisasi di tingkat kelurahan hingga RT dan RW," ujar Wako Erman, Sabtu, 21 Mei 2022.

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya akan berfokus kepada langkah-langkah yang dapat diambil masyarakat hingga langkah terkecil terkait penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Gagalkan Peredaran 41.4 Kg Sabu, Kapolda Sumbar Sebut Polres Bukittinggi Berhasil Selamatkan 414 ribu Jiwa

"Kegiatan tersebut semacam penyuluhan bagaimana mengantisipasi dan mengidentifikasi masyarakat-masyarakat yang mengkonsumsi narkoba untuk dapat segera dilaporkan ke Polres Bukittinggi," tuturnya.

Sementara di tingkat ASN di Kota Bukittinggi sendiri, Wako mengaku telah melakukan tes urin masal beberapa bulan yang lalu.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

X