Gagalkan Peredaran 41.4 Kg Sabu, Kapolda Sumbar Sebut Polres Bukittinggi Berhasil Selamatkan 414 ribu Jiwa

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:03 WIB
Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra bersama Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara saat menunjukan barang bukti
Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra bersama Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara saat menunjukan barang bukti

HALUAN PADANG - Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa menyebut Polres Bukittinggi telah berhasil menyelamatkan 414 ribu jiwa dari bahaya narkotika jenis sabu.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumbar berkat keberhasilan Polres Bukittinggi mengungkap peredaran 41.4 kilogram sabu di Bukittinggi dan Agam dalam empat hari terakhir.

"Ini yang terbesar selama Polda Sumbar dan Polres Bukittinggi ada. Saya apresiasi sebesar-besarnya kepada Kapolres Bukittinggi beserta jajaran dalam penyelamatan 414 ribu jiwa jika dihitung 1 gram dikonsumsi 10 orang," ujar Kapolda saat konferensi pers di Polres Bukittinggi, Sabtu, 21 Mei 2022.

Baca Juga: Polres Bukittinggi Berhasil Gagalkan Peredaran Sabu Seberat 41.4 Kilogram

Sabu dengan nilai nominal mencapai Rp61.2 miliar itu didapatkan dari tangan delapan orang tersangka dengan peran masing-masing.

Diantaranya dua orang pemakai dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Tiga orang pengedar dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup dan tiga orang bandar dengan maksimal hukuman mati.

"Sementara ini yang telah kita tangkap. Nanti akan kita kembangkan sampai ke tingkat-tingkat atasnya. Nanti akan kita ketahui dari mana asal sabu ini," kata  Irjen Pol Teddy.

Diprediksi, sabu tersebut berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Tiongkok, Vietnam, Myanmar dan beberapa negara yang masuk dalam garis peredaran narkotika internasional.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Lubuk Basung Agam, Remaja 14 Tahun Tewas

"Secara sepintas, sejauh ini kita raba bahwa sabu ini masuk melalui Selat Malaka menuju Pulau Sumatra," tuturnya.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X