Kebakaran Besar di Pasa Usang, Beberapa Kali Terdengar Ledakan Keras

- Rabu, 18 Mei 2022 | 22:11 WIB
Kebakaran pangkalan gas elpiji di Pasa Usang.
Kebakaran pangkalan gas elpiji di Pasa Usang.

HALUAN PADANG - Kebakaran besar terjadi di Pasa Usang, Korong Simpang Tanjuang, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu petang (18/5/2022). Beberapa kali terdengar ledakan keras  dari tumpukan tabung gas di Pangkalan gas elpiji yang terbakar.

Tidak hanya itu, api juga terus membesar hinngga membakar satu unit rumah. Akibat yang dekat dengan jalan raya, membuat arus lalulintas Padang - Bukittinggi dilanda kemacetan panjang selama beberapa jam.

Kejadian ini diketahui pertama kali oleh saksi bernama Haris (26) saat itu api berasal dari salah satu rumah kilang minyak dan gas, lalu melaporkan kejadian kebakaran ke Dinas Kebakaran Kota Padang.

“Laporan masuk pada pukul 18.10 WIB, pesta kebakaran kebakaran berangkat pada pukul 18.13 dan datang di lokasi kejadian pada pukul 18.52 WIB," terang Sutan Hendra melalui keterangan tertulis Rabu malam.

Sutan Hendra menjelaskan, untuk menjinakkan api yang dibutuhkan waktu selama hampir 1 jam dengan bantuan 10 unit mobil kebakaran dari berbagai wilayah.

Pemadam Kota Padang Dibantu oleh Damkar Padang Pariaman 4 unit mobil, Damkar Pariaman 2 unit, Damkar Padang Panjang 1 unit. Sedangkan untuk damkar Kota Padang kita turun sebanyak 3 unit,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Hendra akibat kejadian ini sebanyak 30 jiwa. beroperasi atau sekira 2 Kartu Keluarga

“1 pemilik rumah bernama Zulmardinata (65) dan 1 pemilik lainnya bernama Ismarniati (62). Untuk saat ini, seluruh jiwa yang terpaksa terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran maupun jumlah kerugian materi yang ditimbulkan. (*)

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X