Puluhan Siswa Ikuti UKK yang Diselenggarakan Asita Sumbar

- Rabu, 18 Mei 2022 | 02:10 WIB
Peserta UKK dari SMKN 3 Payakumbuh
Peserta UKK dari SMKN 3 Payakumbuh

HALUAN PADANG - Bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan pendidikan (Diklitbang) Asita Sumbar kembali melakukan pengujian kompetensi Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) se Sumatera Barat.

Uji Kompetensi ini bertujuan meningkatkan daya serap siswa lulusan SMK dan swasta nantinya.

Kepala Diklitbang DPD Asita Sumbar, Andri Kurniawan mengatakan sebanyak 57 siswa dari 3 sekolah yakni SMKN 3 Payakumbuh, SMKN 1 Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar, dan SMKN 1 Matur mengikuti kegiatan UKK.

"SMKN 3 Payakumbuh tanggal 9 hingga 11 Mei, SMKN 1 Tanjung Baru Kab. Tanah Datar tanggal 11 Mei dan SMKN 1 Matur Coaching Materi UKK tanggal 11 Mei," ucapnya.

Andri menyebut sesuai dengan komitmen Diklitbang dengan Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) UPW Sumbar sebelumnya, siswa terbaik akan direkrut sesuai dengan standar perusahaan penerima calon karyawan baru.

"Biasanya UKK sesuai permintaan dari lulusan sekolah terkait. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk menggunakan tenaga kerja yang muda dan berkompeten" tuturnya.

Kedepan Asita berkelanjutan membantu sekolah melahirkan siswa-siswa yang mempunyai kompetensi di bidang pariwisata. Sebagai user pariwisata, Asita berkewajiban untuk membantu serapan tenaga kerja dari lulusan SMK pariwisata khususnya jurusan UPW.

Kajur SMKN 3 Payakumbuh, Sri Wahyuni mengatakan peran Asita Sumbar sebagai penguji eksternal sangat membantu sekali dalam memberikan arahan dan didikan sesuai dengan standar industri. Sehingga ada kombinasi yang diajarkan sekolah dengan industri.

"Kami harap kerjasama ini semakin erat dan dikembangkan lagi, supaya pariwisata Sumbar memiliki SDM yang lebih baik," ucap Sri.

Tanggapan lain juga disampaikan Kajur SMKN 1 Tanjung Baru, Hilya Mega Nalurita yang sangat mengapresiasi dan senang dengan kolaborasi ini.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Terkini

X