Simak Lokasi Hujan Petir dan Suhu Terpanas Menurut BMKG

- Selasa, 17 Mei 2022 | 17:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HALUAN PADANG - BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Kalimantan bagian tengah yang bisa berpengaruh kepada cuaca hari ini, Selasa 17 Mei 2022. Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Riau, dari Laut Jawa bagian barat hingga Selat Karimata, di perairan selatan Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat, dan di Sulawesi Tengah. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG memperkirakan Banjarmasin, ibu kota provinsi yang akan mengalami cuaca hujan disertai petir pada hari ini. Hujan dengan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Mataram, Makassar dan Medan. Sedangkan hujan intensitas ringan di Denpasar, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru, Kendari dan Manado.

Baca Juga: Kabar Baik! Tanah dari Bulan Berhasil Tumbuhkan Tanaman

Untuk suhu udara, BMKG memperkirakan kisarannya 20-34 derajat Celsius. Yang terendah adalah Bandung dan tertinggi, suhu panas 34 derajat Celsius, akan dicatatkan Jakarta, Surabaya, Bandar Lampung dan Palembang.

Cuaca di laut hari ini

BMKG memetakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, perairan selatan Kupang-Rote dan Laut Arafuru.

Ombak 2,5-4,0 meter (tinggi) berpeluang terjadi di banyak perairan, antaranya Selat Sunda bagian barat dan selatan. Lokasi gelombang tinggi lainnya, menurut BMKG, adalah perairan selatan Banten hingga Sumbawa, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Lampung, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan dan Samudra Hindia selatan Banten hingga NTB. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Wow Ada 19,7 Juta Nasabah Aktif Pegadaian

Jumat, 18 November 2022 | 17:59 WIB

Cukup Titip Logam Mulia Dapatkan Porsi Haji

Jumat, 18 November 2022 | 17:48 WIB

DPRD Sumbar Mulai Bahas Empat Ranperda Baru

Rabu, 2 November 2022 | 19:09 WIB

Terpopuler

X