Ternyata Ini Penyebab Suhu Panas di Indonesia

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HALUAN PADANG - Apakah kamu merasakan peningkatan suhu belakangan ini? Beberapa wilayah Indonesia mengeluhkan suhu panas yang tak biasa akhir-akhir ini. Apa penyebab suhu panas di Indonesia saat ini?

Terkait fenomena tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan. Ada beberapa penyebab suhu panas di Indonesia.

Suhu panas yang dirasakan masyarakat tergolong bukanlah hal yang lazim terjadi. Karena beberapa wilayah yang biasanya bersuhu dingin juga merasakan cuaca panas ini. Selain itu, Indonesia masih berada dalam musim penghujan.

Lantas apa saja penyebab suhu panas di Indonesia?

Penyebab Suhu Panas di Indonesia

BMKG memberikan penjelasannya terkait dengan meningkatnya suhu panas dibeberapa wilayah di Indonesia, diantaranya yaitu:

Baca Juga: Berikut Golongan PNS yang Tidak Terima Gaji ke-13

1. Berdasarkan data dari pengamatan BMKG, selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 suhu maksimum terukur berkisaran antara 33 hingga 36.1°C. Dengan suhu maksimum tertinggi 36.1°C yang terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Sementara itu, suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir tercatat sekitar 38.8°C di wilayah Palembang pada tahun 2019. Sedangkan pada bulan Mei tercatat sekitar 38.8°C di wilayah Temindung Samarinda pada tahun 2018.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Hitekno.com

Tags

Terkini

Wartawan Parlemen Riau Berkunjung ke DPRD Sumbar

Senin, 16 Januari 2023 | 13:05 WIB

Masyarakat Adat Pessel Dukung Ranperda Tanah Ulayat

Minggu, 15 Januari 2023 | 00:33 WIB

Terpopuler

X