Ibu Hamil Dapat 'Jatah' Bansos Rp3 Juta, Sudah Kebagian Belum?

- Minggu, 15 Mei 2022 | 10:15 WIB
Ilustrasi : Hamil (Foto oleh Leah Kelley dari Pexels)
Ilustrasi : Hamil (Foto oleh Leah Kelley dari Pexels)

HALUAN PADANG - Bansos PKH alias Program Keluarga Harapan kembali disalurkan ke masyarakat. Bansos PKH adalah bansos reguler dari Kementerian Sosial.

Bansos PKH disalurkan setiap dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober melalui Bank Himbara.

Bansos PKH yang akan dicairkan antara lain BLT ibu hamil hingga BLT anak sekolah. Besaran BLT ibu hamil mencapai Rp3 juta, sementara BLT anak sekolah dengan total Rp4,4 juta.

Baca Juga: Deretan Bansos dan BLT yang Cair Bulan Ini, Kira-kira Dapat yang Mana?

Bansos untuk anak usia dini digelontorkan dengan indeks sebesar Rp3 juta per tahun dan disalurkan secara bertahap dengan besaran Rp750 ribu per tiga bulan. Bantuan untuk balita hanya berlaku maksimal dua anak dalam satu keluarga.

Selain untuk anak usia dini, bantuan PKH ditujukan untuk ibu hamil dengan indeks bantuan Rp3 juta/tahun dan maksimal dua kali kehamilan.

PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Adapun manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X