Konsep Baru Gaya Kerja PNS, Gaji Bisa Selevel Pegawai BUMN

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 09:22 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HALUAN PADANG - Gaya kerja baru bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) tengah dikaji oleh otoritas terkait. PNS/ASN kini berkesempatan bekerja ala Startup yang bisa bekerja dari mana saja alias work from anywhere (WFA).

"Jadi mungkin konsepnya work from anywhere, yang penting kinerja dan target tercapai," ujar Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama dikutip dari CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Satya menjelaskan, ide ini tercetus ketika pandemi Covid-19 menginfeksi Indonesia. BKN mencatat, tidak bekerja dari kantor justru memberikan dampak positif terhadap kinerja PNS itu sendiri. Anggaran pun bisa lebih hemat.

"Justru beberapa PNS meningkat kinerjanya saat bisa bekerja fleksibel dan tidak harus masuk ke kantor," ujarnya.

Baca Juga: Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Meninggal, Masa Berkabung 40 Hari

Satya menyatakan teknis aturan sedang dikaji. Namun secara garis besar, PNS yang bisa menjalankan WFA hanya untuk posisi tertentu.

"Namun halnya, bagi unit kerja yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang tugas dan fungsinya menuntut kehadiran di kantor, tetap WFO," jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga Indrawati pernah mengungkapkan ide untuk menerapkan sistem kerja dari mana saja bagi PNS yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan. Ia berencana sistem ini bisa diterapkan secara permanen bahkan setelah pandemi berakhir.

Sistem yang diungkapkan bendahara negara ini bukan WFA melainkan flexible working space (FWS). Namun keduanya memiliki tujuan yang sama yakni memberikan fleksibilitas PNS untuk bisa bekerja dari mana saja.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X