Staf Ahli Gubernur Minta Konsultan Pembangunan Tol Sumbar-Riau Perhatikan Pola Pembebasan Lahan di Minangkabau

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 00:40 WIB
Staf Ahli Gubernur Minta Konsultan Pembangunan Jalan Tol Sumbar-Riau Perhatikan Pola Pembebasan Lahan di Minangkabau (Viola)
Staf Ahli Gubernur Minta Konsultan Pembangunan Jalan Tol Sumbar-Riau Perhatikan Pola Pembebasan Lahan di Minangkabau (Viola)

HALUAN PADANG - Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat melakukan rapat kerja hearing di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat terkait pembangunan jalan layang yang meresahkan masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota

Menurut Staf Ahli Gubernur Sumbar, Drs. H.Syafrizal Ucok, para konsultan melakukan perencanaan pembangunan jalan tol tanpa melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah terkait.

"Taraf perencanaan ini, konsultan kadang-kadang melakukan perencanaan tanpa melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Pemerintah Kabupaten, Nagari, Kampuang dan tokoh kerapatan adat," katanya. 

 Baca Juga: Masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota Minta Alihkan Pembangunan Jalan Tol, Komisi IV DPRD: Kita Tinjau Kembali

Menurut Syafrizal Ucok pengadaan tanah di Sumatera Barat tidak sama dengan di Pulau Jawa atau di Provinsi lain dalam pembangunan jalan tol. 

"Di Minangkabau ini ada tanah Ulayat, tanah Ulayat Raja, tanah Ulayat Suku, dan Ulayat Nagari dan ini tidak sama pengadaannya. Kadang-kadang teman-teman yang ada di pusat tidak memperhatikan pola-pola yang ada di Ranah Minang sendiri," ujarnya.

Kemudian, untuk menyelesaikan persoalan ini, pihak pemerintah Sumatera Barat melakukan hearing dengan Forum masyarakat Terdampak (Format) selaku fasilitator suara masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota yang terdampak pembangunan jalan layang ini. 

Baca Juga: DPRD Sumbar Terima Kunjungan Badan Musyawarah dan Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jambi

"Kami pemerintah Sumatera Barat akan melakukan peninjauan kembali terhadap masukan dari masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota yang diwakili oleh Format. Tentunya keluhan ini akan kami dengarkan dan ditindaklanjuti," katanya

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X