Masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota Minta Alihkan Pembangunan Jalan Tol, Komisi IV DPRD: Kita Tinjau Kembali

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 00:36 WIB
Masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota Minta Alihkan Pembangunan Jalan Tol, Komisi IV DPRD: Kita Tinjau Kembali (Viola)
Masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota Minta Alihkan Pembangunan Jalan Tol, Komisi IV DPRD: Kita Tinjau Kembali (Viola)

HALUAN PADANG - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat adakan rapat kerja (Raker) dengan Forum Masyarakat Terdampak (Format) 50 Kota terkait pembangunan tol Sumbar-Riau. 

Raker yang dilakukan di Ruang Sidang II DPRD itu merupakan salah satu bentuk tanggapan atas surat masuk yang dilayangkan oleh Format 50 Kota kepada DPRD Provinsi Sumatera Barat.

"Kegiatan hari ini dilakukan dalam rangka menanggapi surat masuk dari Format 50 terkait persoalan jalan tol yang melewati Payakumbuh dan Pangkalan," kata Ketua Komisi IV Zul Kenedy saat diwawancarai HaluanPadang.com

Baca Juga:  Arus Balik dari Bukittinggi Macet di Padang Luar, Bukan Karena Tak Ada Jalan Tol

Zul Kenedy menjelaskan bahwa pertemuan yang dilakukan pada Jumat, 12 Mei 2022 itu adalah pertemuan yang ke-4 antara DPRD dengan Format 50 Kota dalam rangka memindahkan titik pembangunan jalan tol yang telah direncanakan ke daerah yang sekiranya merupakan lahan yang tidak terpakai/tidak produktif. 

"Titik pembangunan yang akan dilaksanakan itu berada di pemukiman padat penduduk dan masyarakat meminta untuk dipindahkan atau dialihkan ke tempat yang tidak melewati pemukiman penduduk karena akan banyak yang terdampak, contohnya saja dalam bidang ekonomi, adat dan sosial masyarakat itu akan sangat-sangat terdampak," ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa pihak DPRD Provinsi Sumatera Barat akan selalu memfasilitasi masyarakat-masyarakat yang terdampak terkait pembangunan tol Sumbar-Riau ini. 

Baca Juga: Aduh! Sabtu Ini Jalan Tol Macet Lagi, Gerbang Masuk Tol Cikampek Terpaksa Ditutup

"Intinya DPRD selalu memfasilitasi masyarakat terkait pembangunan jalan tol yang melewati Payakumbuh dan 50 Kota ini yang dimana titik-titik pemancangan berada di pemukiman padat penduduk," kata Zul Kenedy. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X